dr Terawan Dipecat, Pimpinan DPR Minta UU Kedokteran Direvisi

Editor : Sudianto Pane

Mantan Menkes RI dr Terawan Agus Putranto (Foto: Muhammad Ridho)
Mantan Menkes RI dr Terawan Agus Putranto (Foto: Muhammad Ridho)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menilai putusan rekomendasi Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Ikatan Dokter Indonesia (MKEK IDI) memecat mantan Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto, berbahaya bagi masa depan dunia kedokteran di Indonesia.

Ia khawatir pemecatan Terawan akan membuat dokter-dokter di Indonesia takut untuk mencoba dan berinovasi dengan berbagai riset-risetnya.

“Saya khawatir akan menjadi yurisprudensi bagi masalah serupa di masa yang akan datang, sehingga menyebabkan para dokter-dokter kita takut untuk mencoba dan berinovasi dengan berbagai riset-risetnya,” kata dia kepada CNNIndonesia.com, saat dikonfirmasi, Senin (28/3).

.Baca : Pecat Dokter Terawan, DPR: IDI Bahayakan Masa Depan Kedokteran Indonesia

.Baca : Kemendikbudristek Pimpin Pertemuan Kelompok Kerja Pendidikan G20

Menurut Dasco, sebagai organisasi profesi yang diberikan kewenangan cukup luas lewat UU Praktik Kedokteran, IDI idealnya memberi kewenangan dan terbuka bagi anggotanya untuk berinovasi di bidang kesehatan, farmasi, dan kedokteran.

Dia pun meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) segera mengkaji putusan MKEK IDI yang memecat Terawan, terutama dari aspek hukum dan peraturan perundang-undangan.

Dasco mengaku juga akan meminta Komisi IX dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) kembali meninjau dan mengkaji UU Praktik Kedokteran dan UU Pendidikan Kedokteran terkait kemungkinan untuk direvisi. Ia tak ingin IDI sebagai organisasi profesi terlalu super power.

“Saya fikir, evaluasi dan penyesuaian dari sebuah UU adalah hal yang biasa ya, agar UU terkait itu lebih relevan dengan situasi, kondisi dan kebutuhan dari masyarakat saat ini,” katanya.

Sebelumnya, Terawan telah resmi dipecat sebagai anggota IDI. Pemecatan itu berdasarkan keputusan MKEK IDI.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.