Megawati Minta Jajaran Menteri di Kabinet Jokowi-Ma’ruf ke Lokasi Bencana: Jangan Rapat

Editor : Sudianto Pane

Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo
Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri bersama Presiden Joko Widodo
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri meminta jajaran menteri di kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin turun ke lapangan melihat kondisi setiap daerah dalam mengantisipasi bencana alam.

Dia berkata, pencegahan bencana alam dapat dilakukan lewat sinergi antarkementerian atau lembaga terkait. Menurutnya, menteri seharusnya tidak sibuk menggelar rapat dan lebih rajin turun ke lapangan secara langsung.

“Ini ada Menteri PUPR [Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat], saya dengar di sini kumpul semua. Nah, ini harus memang tradisional, please, jangan deh bikin rapat-rapat, ke lapangan deh coba melihat setiap daerah sudah harus secara umum,” kata Megawati saat menjadi pembicara dalam acara ‘Peringatan Hari Meteorologi Dunia ke-72’ yang diadakan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Rabu (30/3).

.Baca : Ini Daftar Momen Presiden Jokowi Jengkel, Terbaru Gara-gara Impor

.Baca : Wakil Ketua DPR Dasco Sebut Pencabutan HET Minyak Goreng Tidak Berpihak ke Rakyat

Ia mencontohkan, peristiwa gempa di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) beberapa tahun silam. Menurut Megawati, salah satu hal yang perlu menjadi perhatian ketika itu ialah akses pemberian bantuan makanan hingga kebutuhan sehari-hari.

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pun meminta semua pihak terkait memiliki nalar yang cepat dalam mengatasi bencana.

“Kita memang secara nalar mesti turun. Tidak bisa. Kayaknya bangsa Indonesia itu kok tidak segera sigap bekerja,” katanya.

Megawati melanjutkan, antisipasi bencana alam tak boleh hanya menunggu status bencana. Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu meminta kementerian dan lembaga terkait terus memantau potensi bencana di seluruh daerah setiap saat.

“Sebelum siaga 1, siaga 2 gimana-gimana. Itu harus diperhitungkan jangan berpikir itu soal kecil. Detik demi detik diperhatikan. Rakyat kalian kalau ndak ditolongin bagaimana,” tutur Megawati.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.