Tarekat Naqsabandiyah dan Syattariyah Sudah Melakukan Puasa Ramadhan 1443H

Editor: Redaksi

salat tarawih dengan physical distancing. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Tarekat Naqsabandiyah di Sumatera Barat dan Syattariyah di Aceh mulai melakukan ibadah puasa Ramadan 1443 Hijriah pada hari ini, Jumat (1/4).

Jemaah Naqsabandiyah memulai ibadah puasa mengacu pada hitungan Hisab Qomariyah dalam Kitab Munjid. Penghitungan permulaan puasa dihitung lima hari setelah awal puasa tahun sebelumnya.

Sekretaris tarekat Naqsabandiyah Padang, Edizon Revindo mengatakan puasa Ramadan tahun sebelumnya dimulai pada hari Senin, sehingga tahun ini dimulai pada Jumat.

“Iya, kita menghitung lima hari setelahnya dan dimulai dari hari senin, sehingga tahun ini dimulai dari Jumat,” katanya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/3).

Selain di Kota Padang, Edizon mengatakan jemaah Naqsabandiyah di Kabupaten Solok, Solok Selatan, Pesisir Selatan dan Kota Solok juga sudah mulai menjalani puasa Ramadan pada hari ini.

Baca juga: 

Jemaah Naqsabandiyah, lanjut Edizon, akan melaksanakan ibadah puasa selama tiga puluh hari penuh. Namun jika memulai ibadah puasa pada hari Jumat, maka hari raya Idulfitri akan tiba pada hari Minggu.

“Kita tidak pernah melakukan ibadah puasa kurang dari tiga puluh hari,” katanya.

Tak hanya Naqsabandiyah, Tarekat Syattariyah pengikut Habib Muda Seunagan di Kabupaten Nagan Raya, Aceh nahka sudah mulai puasa pada Kamis (31/3) lalu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.