Berikut Jenis Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Editor: Redaksi

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.
Makanan pedas. (Foto: Pixabay)

Penyuka makanan pedas sebaiknya menahan diri untuk melahapnya saat sahur maupun berbuka puasa. Sebab, mengonsumsi makanan pedas saat sahur dapat memicu rasa haus berlebihan dan membuat perut terasa tidak nyaman karena produksi asam lambung meningkat.

Selain itu, makanan pedas juga menyebabkan mulas hingga diare. Jika sampai terjadi diare saat puasa, tubuh tentu akan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan.

Ketika berbuka puasa, jangan langsung makan makan makanan pedas sebelum menyantap makanan lainnya. Makan makanan pedas saat perut kosong sangat tidak disarankan karena dapat melukai lambung dan usus sehingga menyebabkan rasa sakit.

4. Makanan tinggi gula

Cake. (Foto: pixabay)

Makanan yang tidak boleh dimakan saat puasa selanjutnya adalah yang tinggi kandungan gula. Tidak bisa dimungkiri, makanan manis memang lezat dan bikin ketagihan.

Padahal, makanan maupun minuman manis tak baik jika dikonsumsi setiap hari. Makanan dan minuman tinggi gula selain dapat menjadi sumber kenaikan berat badan, juga memicu gula darah tidak stabil.

Ketika banyak makan makanan manis, gula darah akan melonjak naik secara tiba-tiba dan dengan cepat diikuti penurunan kadar gula darah. Penurunan ini bisa membuat tubuh terasa lemas dan tidak berenergi.

5. Makanan terlalu asin

Burger. (Foto: Pixabay)

Sama halnya dengan makanan manis, makanan asin juga buat ketagihan dan memicu makan lebih banyak. Namun, terlalu banyak makan makanan asin hanya akan merangsang rasa haus berlebih saat berpuasa.

Di samping itu, terlalu banyak makan makanan asin juga dapat membahayakan kesehatan, yakni memicu hipertensi, penyakit kardiovaskular, mengganggu fungsi ginjal, retensi cairan, dan lainnya.

Dengan begitu, cobalah untuk mengurangi atau menghindari banyak makanan asin seperti snack, keripik, bumbu instan, makanan cepat saji.

Itulah makanan-makanan yang tidak boleh dimakan saat puasa. Secara umum, hindari gorengan ataupun makanan olahan yang tinggi lemak saat sahur maupun berbuka dan cukupi kebutuhan air putih agar terhindar dari dehidrasi. (*)

Sumber: cnnindonesia.com

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.