Parpol Pro Jokowi Sentil Amien Rais yang Singgung Megalomania

Editor : Sudianto Pane

Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mengkritik keras Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan dengan menduga mereka mengidap sindrom narsistik megalomania. Sejumlah partai politik (parpol) pro Jokowi ‘menyentil’ balik Amien Rais itu.
Seperti apa sentilan mereka terkait pernyataan Amien Rais itu?

PDIP: Bedakan Megalomania dan Ide Besar
Elite PDIP Hendrawan Supratikno meminta Amien Rais membedakan antara sindrom megalomania dengan ide besar. Hendrawan mengatakan ide besar dibutuhkan saat sedang menyusun strategi di tengah dinamika lingkungan.

“Harus dibedakan antara ide besar (great ideas) dengan sindrom megalomania. Ide besar dibutuhkan sebagai bagian dari strategi dan navigasi di tengah turbulensi dan dinamika lingkungan. Kita tidak boleh terpaku pada status-quo. Konsistensi dan daya adaptasi harus dimainkan secara harmonis dan sinergis,” ujar Hendrawan saat dihubungi, Sabtu (2/4/2022).

.Baca : Presiden Jokowi: Selamat Berpuasa, Alhamdulillah Bisa Tarawih di Masjid

Meski demikian, Hendrawan meminta kritik Amien Rais itu ditanggapi secara obyektif. Dia pun memaklumi gaya kritik Amien Rais yang biasa menggunakan diksi keras.

“Orang yang bijaksana menjadikan kritik sebagai cara atau instrumen untuk mawas diri. Dengan demikian, kritik keras Amien Rais harus kita tempatkan secara obyektif dan proporsional. Soal diksi-diksi keras yang digunakan, kita pahami itu memang ‘nada dasar’ irama Amien Rais,” paparnya.

PPP Minta Amien Rais Tak Sembarangan Kritik
Ketua DPP PPP Ahmad Baidowi (Awiek) menyebut sebenarnya kritik adalah hal yang biasa. Hanya, dia meminta Amien Rais tak sembarangan dalam mengkritik seseorang.

“Ya sebagai sebuah kritik hal-hal yang biasa saja, hal yang wajar. Tetapi, kritik itu pakai data yang konkrit gitu dan tidak menuduh, tidak sembarangan,” kata Awiek.

Awiek yakin Amien Rais tahu bagaimana mengkritik Jokowi secara benar. Awiek berharap Amien Rais bisa memberi kritik yang membangun.

“Saya yakin Pak Amien sebagai politisi senior dan juga guru besar di salah satu universitas ternama, itu ya harusnya tahu lah bagaimana mengkritik dan tidak perlu menuduh Pak Jokowi paranoid dan semacamnya,” tuturnya.

“Toh terkait dengan wacana pemilu penundaan itu semua kan belum tentu dari Pak Jokowi. Apalagi Pak Jokowi sudah clear bahwa taat konstitusi. Ya sebaiknya Pak Amien memberikan kritik yang konstruktif berdasarkan data. Ya kalau memang 2024 berakhir berarti masa jabatan Pak Jokowi sampai 2024,” sambung Awiek.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.