Kemenkes Sebut Varian Omicron XE Belum Ditemukan di Indonesia

Editor : Sudianto Pane

foto ilustrasi
foto ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim mutasi SARS-CoV-2 Omicron XE belum ditemukan di Indonesia. Omicron XE merupakan strain rekombinan dari dua varian Omicron sebelumnya, yaitu BA.1 dan BA.2.

“Sejauh ini belum ada di Indonesia ya,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada CNNIndonesia.com, Senin (4/4).

Nadia menegaskan, pemerintah terus mengawasi pintu-pintu masuk ke Indonesia untuk mencegah persebaran varian baru virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Ia mengatakan, pemerintah akan memperkuat pemeriksaan Whole Genome Sequences (WGS) untuk mengidentifikasi varian baru.

.Baca : Menkes Bilang Covid Varian Delta Empat Kali Lebih Mematikan dari Omicron  

.Baca : Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1443 H Diterbitkan MUI

Nadia menjelaskan, per Maret 2022, Kemenkes telah memeriksa 21.956 spesimen warga yang terkonfirmasi Covid-19. Pemeriksaan WGS dilakukan secara acak dengan menyasar golongan tertentu, seperti kasus Covid-19 dari kedatangan luar negeri dan kontak erat kasus varian tertentu.

“Ini akan menjadi kewaspadaan, karena kita tahu varian baru memang akan berpotensi untuk terjadinya peningkatan kasus,” ucapnya.

Adapun Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengonfirmasi temuan varian Omicron XE. WHO pun menyatakan, ada indikasi varian Omicron XE 10 persen lebih mudah menular daripada subvarian BA.2.

Dilansir UX Express, varian BA.2 yang merupakan subvarian dari strain Omicron adalah strain virus yang paling dominan atau menyumbang 86 persen dari semua kasus. Sementara, XE hanya menyumbang sebagian kecil dari kasus, tetapi memiliki tingkat transimisi yang tinggi.

Hari Pertama Ramadan, Kasus Positif Bertambah 1.933
WHO melaporkan, varian Omicron XE pertama kali terdeteksi di Inggris pada 19 Januari dan kurang dari 600 sekuens telah dilaporkan dan dikonfirmasi sejak saat itu.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.