Apakah Boleh Vaksin Booster Saat Puasa? Ini Penjelasannya

Editor : Sudianto Pane

Foto: Infografis/ Akan dimulai 12 Januari 2022, Cek! Ini harga vaksin booster covid-19 / Aristya Rahadian
Foto: Infografis/ Akan dimulai 12 Januari 2022, Cek! Ini harga vaksin booster covid-19 / Aristya Rahadian

SURYAKEPRI.COM – Apakah boleh vaksin booster saat puasa? Pertanyaan ini masih kerap membingungkan masyarakat di bulan Ramadan. Kekhawatiran akan batalnya puasa jika divaksin mendorong masyarakat mencari tahu ketentuan yang berlaku.

Di bulan Ramadan, vaksinasi booster masih diselenggarakan di berbagai daerah. Apalagi vaksinasi booster menjadi syarat agar tidak perlu menunjukkan hasil tes COVID-19 saat mudik.

Berikut penjelasannya.

Apakah Boleh Vaksin Booster Saat Puasa? Ini kata Kemenag
Kementerian Agama (Kemenag) menjawab soal apakah boleh vaksin booster saat puasa. Secara umum seluruh vaksinasi, baik vaksinasi primer maupun booster tidak membatalkan puasa.

.Baca : Sekda Himbau Masyarakat Batam Segera Vaksin Booster

“Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa,” tegas Kamaruddin dalam keterangannya, Selasa (5/4/2022).

Umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa hukumnya diperbolehkan jika hendak mengikuti vaksinasi COVID-19.

“Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar),” sambungnya.

Kemenag telah meminta seluruh jajaran di Kantor Kemenag Kanwil Provinsi, Kankemenag Kab/Kota, bahkan hingga Kantor Urusan Agama (KUA) untuk melakukan sosialisasi terkait fatwa MUI tersebut.

“KUA agar edukasi umat. Vaksinasi bukan penghalang dan tidak membatalkan puasa,” tegasnya.

Apakah Boleh Vaksin Booster Saat Puasa? Ini Fatwa MUI