Cara Mengembalikan Nomor yang Diblokir oleh WhatsApp

Editor: Redaksi

Ilustrasi Aplikasi WhatsApp. (Foto: Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Salah satu aplikasi pesan yang banyak digunakan adalah WhatsApp. Namun, sebagian pengguna WhatsApp pernah mengeluhkan bahwa nomor WhatsApp mereka diblokir oleh pihak WhatsApp.

Pemblokiran ini sejatinya bukan alasan karena biasanya nomor yang diblokir melanggar ketentuan yang ada pada WhatsApp. Walaupun sudah diblokir, nomor-nomor tersebut bisa kembali dipulihkan dan digunakan kembali seperti biasa.

Langkah Kembalikan WhatsApp Diblokir

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengembalikan nomor yang diblokir oleh WhatsApp.

  1. Saat nomor Anda diblokir, Anda akan mendapatkan email pemberitahuan dari WhatsApp dan akan diberitahu alasan pemblokiran nomor Anda.
  2. Jika Anda merasa tidak melakukan pelanggaran, Anda bisa mengirim email balasan ke WhatsApp yang berisi penyangkalan Anda.

Sebaliknya, kalau Anda melakukan pelanggaran seperti yang sudah disebutkan, misalnya menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda bisa menunggu pemulihan akun Anda selama 24 hingga 48 jam. Setelah blokir dibuka, Anda bisa membuat cadangan riwayat chat terlebih dahulu dan selanjutnya menggunakan akun WhatsApp yang resmi.

Sebab WhatsApp Diblokir

Lalu, apa saja yang menyebabkan nomor WhatsApp diblokir?

  1. Menggunakan aplikasi WhatsApp yang tidak resmi atau yang dimodifikasi

Banyak pengguna WhatsApp, khususnya pengguna Android yang menggunakan aplikasi WhatsApp Plus atau GB WhatsApp. Padahal, keduanya adalah aplikasi yang tidak resmi dan sudah dimodifikasi dengan menambhakan beberapa fitur menarik yang tidak dipunyai oleh WhatsApp. Dalam situs resminya, WhatsApp menyebutkan bahwa aplikasi seperti WhatsApp Plus dan GB WhatsApp adalah aplikasi yang ilegal. Oleh karena itu, WhatsApp akan melakukan pemblokiran pada nomor-nomor yang terindikasi menggunakan aplikasi WhatsApp tidak resmi.

  1. Mengirim banyak broadcast dalam waktu singkat

Salah satu fitur yang banyak digunakan di aplikasi WhatsApp adalah fitur broadcast. Dengan fitur ini, Anda bisa mengirim banyak pesan yang sama dalam satu kali waktu. Namun, fitur ini sering disalahgunakan oleh para spammer untuk mengirim broadcast ke banyak nomor dalam waktu yang singkat dan aktivitas seperti itu dianggapa mencurigakan dan dianggap spamming oleh pihak WhatsApp. Pada akhirnya, nomor WhatsApp bisa terblokir apalagi pesan boradcast tersebut dikirimke nomor telepon yang tidak ada di dalam kontak.

  1. Diblokir dan dilaporkan oleh banyak pengguna WhatsApp

Nomor WhatsApp yang diblokir dan dilaporkan oleh pengguna lain juga bisa mengalami pemblokiran dari WhatsApp. Biasanya sebuah nomor WhatsApp diblokir dan dilaporkan karena melakukan spamming dan membuat pengguna lain terganggu dan melaporkannya kepada WhatsApp.

  1. Mengirimkan pesan yang melanggar ketentuan WhatsApp

Nomor WhatsApp yang digunakan untuk melakukan aktivitas ilegal dan melanggar hukum, seperti penipuan, penjualan produk ilegal, dan ujaran kebencian, biasanya akan diblokir oleh pihak WhatsApp. Hal ini dilakukan karena pesan-pesan tersebut melanggar ketentuan yang ada di WhatsApp. (*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.