Friday, April 19, 2024
HomeHealthSederet Manfaat Daun Sirih, Hingga Bisa Memutihkan Wajah

Sederet Manfaat Daun Sirih, Hingga Bisa Memutihkan Wajah

Editor: Redaksi

spot_img

Selama ini, daun sirih (Piper betle) memang sudah dikenal berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Kandungan antibakteri dan antijamur pada daun sirih membuatnya digunakan untuk mengatasi bau mulut, masalah gigi, dan gusi, serta sebagai pembersih vagina.

Manfaat daun sirih untuk kulit mungkin belum banyak dikenal dibandingkan manfaat yang telah disebutkan di atas. Daun yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, di antaranya:

1. Mempercepat penyembuhan luka

Salah satu manfaat daun sirih untuk kulit yang sudah teruji adalah mempercepat penyembuhan luka, terutama pada luka bakar dan luka teriris. Penelitian mengungkap, ekstrak daun sirih dapat mempercepat pertumbuhan sel atau jaringan baru yang berperan dalam proses penyembuhan luka.

2. Mencerahkan kulit

Penelitian lain menyebutkan bahwa krim wajah yang mengandung daun sirih dapat mencerahkan wajah pada kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Contohnya adalah orang yang memiliki flek, melasma, dan solar lentigo.

Penelitian juga menemukan bahwa krim dengan kandungan daun sirih dapat mengurangi produksi melamin (pigmen kulit), membuat kulit lebih kenyal, serta lebih sehat.

Manfaat ini bisa dirasakan berkat kandungan hydroxychavicol, yaitu komponen unik yang didapatkan dari ektraksi daun sirih. Hydroxychavicol memiliki sifat antioksidan yang dapat meningkatkan elastisitas kulit serta mencerahkan kulit.

3. Mengatasi jerawat

Berkat sifat antibakterinya, daun sirih diketahui dapat menghambat pertumbuhan jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Untuk mendapatkan manfaat ini, para peneliti menggunakan krim kandungan ekstrak daun sirih sebesar 15%.

Cara Memutihkan Wajah dengan Daun Sirih

Meski telah terbukti memiliki efek mencerahkan, penelitian dilakukan menggunakan ekstrak daun sirih yang telah diolah menjadi krim wajah, bukan ekstrak daun sirih murni. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan metode sederhana, yaitu dengan menggunakan air rebusan atau ditumbuk.

Cara pertama, rebus beberapa helai daun sirih, saring, lalu diamkan sampai dingin. Gunakan rebusan daun sirih untuk membasuh wajah atau sebagai astringent.

Cara memutihkan wajah dengan daun sirih berikutnya yaitu dengan membuat masker daun sirih. Tumbuk atau haluskan beberapa helai daun sirih, kemudian campurkan dengan sedikit air atau air mawar sampai membentuk pasta.

Oleskan masker daun sirih pada wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Anda juga dapat menambahkan madu pada adonan masker untuk membuat kulit semakin lembap.

Tidak ada salahnya menerapkan cara memutihkan wajah dengan daun sirih. Meski demikian, perlu Anda ketahui bahwa manfaat daun sirih untuk mencerahkan dan memutihkan wajah masih memerlukan lebih banyak pembuktikan secara ilmiah. Hal ini karena penelitian yang ada masih sangat terbatas dan dilakukan dalam skala kecil.

Meski penggunaan daun sirih sebagai bahan alami tergolong aman, segera bilas wajah jika mengalami kemerahan, gatal, atau reaksi iritasi lainnya.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai cara memutihkan kulit yang aman atau mengenai manfaat bahan alami sebagai bahan pencerah kulit, termasuk daun sirih. (*)

 

Sumber: alodokter.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER