Karimun Akhirnya Kantongi Izin Layani PPLN

Penulis: Rachta Yahya/ Editor: Redaksi

Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) akhirnya mengantongi izin untuk membuka pelabuhan internasionalnya untuk kembali melayani Pelaku Perjalanan Luar Negeri atau PPLN.

Izin tersebut datang dari Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Nasional berupa Surat Edaran (SE) Nomor: 17 Tahun 2022 dan Kementerian Perhubungan melalui SE Nomor 43 Tahun 2022.

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri, Junaidi.

“Benar, Satgas Covid-19 dan Kementerian Perhubungan sudah mengizinkan Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun untuk kembali dibuka,” ujar Junaidi, Sabtu (9/4/2022).

Hanya saja Junaidi menyebut Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun tinggal menunggu satu lagi surat izin yakni dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM untuk bisa beroperasi.

“Tinggal surat edaran dari Ditjen Imigrasi yang belum, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan terbit,” kata Junaidi.

Jika SE Ditjen Imigrasi terbit, kata dia, pihaknya bersama CIQP (Cukai, Imigrasi, Karantina dan KSOP) akan kembali melakukan rapat teknis kesiapan melayani PPLN.

Junaidi memastikan Dishub Kepri akan ikut turun ke Karimun memonitor persiapan pembukaan pelabuhan internasional Karimun untuk PPLN.

“Setelah SE Imigrasinya terbit, maka CIQP harus kembali melakukan rapat kesiapan. Kita juga akan turun ke Karimun untuk memastikan Pelabuhan Karimun siap untuk kembali melayani PPLN,” kata Junaidi.

Sementara itu, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungbalai Karimun saat ini masih menunggu SE dari Ditjen Imigrasi terkait Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun.

“Imigrasi Karimun saat ini masih menunggu surat edaran yang akan dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi,” ujar Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Sophian Kasim, Sabtu. (*)

Penulis: Rachta Yahya

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.