Sambut Malam Likur, Pemuda di Lingga Adakan Lomba Bedil, Buralimar: Melestarikan Permainan Anak Melayu saat Bulan Ramadhan

Editor: Redaksi

Lomba bedil akan memeriahkan malam likur pada tanggal 27 hingga 29 April di Lapangan Hang Tuah, Daik Lingga.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sejumlah pemuda di kabupaten Lingga menggelar permainan tradisional anak Melayu yakni lomba Bedil dalam rangka memeriahkan malam Likur bulan Ramadhan 2022.

Lomba Bedil dengan tema “Dentum Ramadhan” itu akan dilaksanakan di Lapangan Hang Tuah Daik Lingga pada 27 hingga 29 April 2022 mendatang.

Ketua pelaksana Lomba Bedil Lingga Rustam Effendi, mengatakan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka mengangkat kearifan lokal dan melestarikan tradisi sekaligus menampung kreativitas para remaja pada bulan Ramadhan.

Rustam juga mengatakan, dentuman Bedil yang akan diperlombakan ini, merupakan permainan tradisional anak Melayu dikala Ramadhan tiba dan saat ini sudah lama tidak terdengar.

Biasanya kata Rustam, permainan dentuman Bedil yang terbuat dari bambu berbahan bakar minyak tanah itu selalu membahana sewaktu Ramadhan tiba. Atas rasa kerinduan dengan permainan ini, pihaknya memunculkan kembali permainan tradisional tersebut lewat perlombaan ini.

Melalui perlombaan ini, pihaknya juga mengajak masyarakat Lingga untuk bersaing membunyikan bedilnya dan mewarnai indahnya bulan suci Ramadhan.

Perlombaan dentuman Bedil ini, lanjut Rustam juga sebagai wujud syukur dan kegembiraan karena telah berhasil menunaikan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

“Dentum Ramadhan ini sekaligus untuk memeriahkan rangkaian pintu gerbang pelita pada malam tujuh likur. Kita laksanakan bersama masyarakat Lingga dengan beberapa ketentuan yang dicantum pada flyer dentum Ramadhan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar menyambut baik event lomba bedil dalam memeriahkan Bulan suci Ramadhan itu.,

Menurutnya permainan khas anak-anak Melayu tersebut bagian dari maraknya bulan Ramadhan. Sudah lama tidak terdengar yang dulunya ada saat menjelang berbuka puasa atau usai shalat tarawih. Dan saat ini lebih seringnya mendengar suara petasan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.