Tidur Setelah Makan Sahur Bikin Gemuk? Ini Faktanya

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi, tidur. (Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Banyak orang yang memilih langsung tidur setelah sahur sebagai kompensasi karena kurang tidur di malam hari. Namun pertanyaannya, bolehkah hal itu dilakukan? Dan apakah tidur setelah sahur bisa bikin gemuk?

Menurut pendapat yang beredar, tidur setelah makan tidak disarankan karena bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Sebab metabolisme biasanya melambat ketika tidur sehingga diyakini asupan kalori yang masuk akan disimpan sebagai lemak.

Sementara dari kacamata medis, para pakar kesehatan berpendapat tidur setelah makan tidak bermasalah. Lebih dari itu dapat meningkatkan kualitas tidur dan penurunan berat badan.

Maka wajar saja jika timbul kebingungan dan pertanyaan apakah tidur setelah sahur bisa bikin gemuk.

Sebenarnya belum ada penelitian ilmiah yang menunjukkan keterkaitan langsung antara tidur setelah makan dan kenaikan berat badan. Namun seperti dikutip dari Health Line, sejumlah studi mengungkap bahwa orang-orang yang punya kebiasaan makan sebelum tidur cenderung naik berat badannya.

Tapi perlu dicermati lagi bahwa mereka yang naik berat badan atau jadi gemuk ini umumnya mengonsumsi camilan sebelum tidur. Kalori ekstra yang diasup inilah yang menyebabkan tubuh jadi gemuk.

Sementara saat makan sahur, kamu mempersiapkan ‘amunisi’ agar bisa tetap kuat puasa seharian sampai tiba berbuka nanti. Jadi selama makanan yang disantap tidak berlebihan dan mengandung nutrisi lengkap, sangat kecil kemungkinannya tidur setelah sahur bisa bikin gemuk.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.