Saturday, July 20, 2024
HomeMixedNewsSimak, Aturan Halalbihalal untuk Lebaran Tahun ini

Simak, Aturan Halalbihalal untuk Lebaran Tahun ini

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Mendagri Tito Karnavian menerbitkan aturan lengkap tentang pelaksanaan halalbihalal pada perayaan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022. Aturan itu fokus terhadap pembatasan jumlah tamu, penyediaan makanan, dan protokol kesehatan yang harus dijalankan.

“Kegiatan halalbihalal disesuaikan dengan level daerah kabupaten/kota yang ditetapkan dalam Inmendagri tentang PPKM Level 3, Level 2, dan Level 1 COVID-19 di wilayah Jawa dan Bali,” kata Tito dalam Surat Edaran Nomor 003/2219/SJ, seperti dikutip pada Senin (25/4/2022).

.Baca : Kemenag Sebut Posisi Hilal Saat Sidang Isbat Penetapan Lebaran Idul Fitri Nanti Sudah Terlihat Secara Hisab

.Baca : 4 Ide Minuman Sehat Saat Lebaran

Tito juga meminta para kepala daerah mengoptimalkan Posko Penanganan Corona Virus Disease 2019 di tingkat desa dan kelurahan. Terutama untuk pengendalian penyebaran COVID-19 di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Tingkat PPKM di masing-masing wilayah akan memengaruhi jumlah tamu yang dapat hadir dalam acara halal bihalal.

Untuk wilayah dengan PPKM Level 3, jumlah tamu maksimal yang dapat hadir pada acara halalbihalal adalah 50 persen dari kapasitas tempat. PPKM Level 2 jumlah tamu 75 persen. PPKM Level 1 100 persen.

“Untuk kegiatan halal bihalal dengan jumlah di atas 100 orang, makanan/minuman disediakan dalam kemasan yang bisa dibawa pulang dan tidak diperbolehkan ada makanan/minuman yang disajikan di tempat,” Tito Karnavian, menjelaskan.

Ia juga mengimbau agar masyarakat menghindari acara makan-makan yang ramai karena rawan terjadi penularan COVID-19.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK ASMARA SELASA 26 APRIL 2022; Libra Hubungan Romantis, Leo Sangat Optimis, Aries Terbuka

.Baca : RAMALAN ZODIAK ASMARA SENIN 25 APRIL 2022; Sagitarius Menyenangkan Pasanganmu, Virgo Perasaan Cinta, Taurus Humoris,  Pisces Santai

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER