Evolusi Roket SpaceX Ambisi Elon Musk Pergi ke Mars

Editor : Sudianto Pane

Roket Falcon 9 buatan SpaceX. (AP/John Raoux)
Roket Falcon 9 buatan SpaceX. (AP/John Raoux)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sejak didirikan pada 2002, SpaceX telah berevolusi dari start up kecil menjadi semakin dekat ke target ambisi pendirinya, Elon Musk, membawa manusia menginjakkan kaki ke Mars.

Perusahaan yang berbasis di Hawthorne, California ini punya misi reguler mengirim roket dalam misi membawa kargo ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan pesawat ruang angkasa Dragon, selain menerbangkan astronaut NASA dan lainnya.

Roket pertama yang diproduksi SpaceX adalah Falcon 1. Musk menamakan roket pertamanya Falcon 1 setelah melihat kapal Millennium Falcon di film Star Wars.SpaceX juga telah meluncurkan Falcon Heavy, roket berukuran besar untuk pergi ke Bulan, Mars dan sekitarnya.

.Baca : Luhut Bertemu Elon Musk, Kasih Kopiko untuk Makanan Astronot

Roket tersebut memiliki kapasitas mencapai 670 kilogram menuju orbit rendah Bumi dan sudah terbang antara tahun 2006 dan 2009. Setelah tiga kali gagal meluncur, Falcon 1 mengirim muatan tiruan ke luar angkasa pada 29 September 2008.

Pada peluncuran kelima dan terakhirnya, pada 14 Juli 2009, Falcon 1 mengirim RazakSAT, satelit pengamatan Bumi milik Malaysia, ke orbit.

Falcon 9

Produksi roket selanjutnya yang dibuat SpaceX adalah Falcon 9 [mesin] atas permintaan dari beberapa perusahaan yang mencari roket lebih kuat. Angka 9 pada Falcon 9 menandai sembilan mesin yang digunakan roket ini pada tahap pertama peluncuran.

Falcon 9 dapat mengirim muatan ke orbit rendah Bumi dengan berat mencapai 13.150 kg.

Ini adalah roket dua tahap yang tingginya 70 meter dan lebar 3,7 m. SpaceX pertama kali mengiklankan rencana untuk Falcon 9 pada 2005 dan mengirimkan debut Falcon 9 pada 7 Juni 2010 dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Sedari awal SpaceX ingin menciptakan roket yang bisa digunakan kembali untuk menghemat biaya perjalanan angkasa luar. Ini tak berjalan mulus awalnya, pada percobaan pertama, kedua dan keenam Falcon 9 gagal mendarat sempurna.

Pada 21 Desember 2015, percobaan kesembilan Falcon 9 berhasil mendarat sempurna dan bisa digunakan kembali untuk misi berikutnya.

Kapsul Dragon

SpaceX merahasiakan pembuatan kapsul kargo Dragon selama 18 bulan pengembangannya. Lalu pada Maret 2006 SpaceX akhirnya merilis Dragon untuk pertama kalinya.

Perusahaan secara resmi mengumumkan Dragon ketika mengajukan proposal program demonstrasi Commercial Orbital Transportation Services (COTS) NASA.

Tujuan utamanya adalah mengembangkan pesawat ruang angkasa swasta yang bisa mengangkut kargo ke ISS.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.