Presiden AS Joe Biden Tolak Kehadiran Putin di G20 Indonesia

Editor : Sudianto Pane

Presiden AS Joe Biden menolak kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di G20 Indonesia. (REUTERS/Kevin Lamarque).
Presiden AS Joe Biden menolak kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di G20 Indonesia. (REUTERS/Kevin Lamarque).
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sekretaris Pers Gedung Putih AS Jen Psaki mengomentari rencana Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri perhelatan G20 2022 di Indonesia seperti dikonfirmasi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menjawab pertanyaan pers, Psaki menekankan Presiden AS Joe Biden telah menyampaikan secara terbuka pandangannya menentang kehadiran Putin di G20. Namun, ia mendukung diundangnya Ukraina pada perhelatan G20.

“Presiden (Biden) telah menyatakan secara terbuka pertentangannya terhadap Presiden Putin yang menghadiri G20. Kami menyambut baik kehadiran Ukraina atau undangan untuk menghadiri G20,” kata dia dikutip dari rilis wawancara yang dirilis di situs web The White Hose, Sabtu (30/4).

.Baca : Penunjukan Maudy Ayunda Sebagai Juru Bicara G20 Menuai Kritik

Lebih jauh, Psaki mengaku tak bisa memproyeksi apa yang akan terjadi dalam enam bulan ke depan saat G20 dihelat pada November mendatang.

Namun, dari yang ia ketahui, undangan dikirimkan RI ke Rusia sebelum terjadi invasi militer ke Ukraina. Menghindari menjawab lebih mendetail, Psaki menyebut apapun langkah di luar itu merupakan tanggung jawab Indonesia.

“Apapun langkah selanjutnya di luar itu, saya serahkan ke mereka (Indonesia). Tapi kami telah menyampaikan pandangan kami bahwa kami tidak berpikir mereka harus menjadi bagian dari G20 secara publik atau pun pribadi juga,” terang dia.

Kendati mengaku tak bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada G20 mendatang, namun Psaki tetap berharap Rusia bakal menghentikan konflik sesegera mungkin. Dari yang ia lihat sejauh ini, Psaki mengaku pesimis Rusia akan berpartisipasi dalam diskusi diplomasi secara konstruktif.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin lewat sambungan telepon menyatakan akan hadir di konferensi tingkat tinggi (KTT) G20 pada November mendatang.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.