Friday, April 19, 2024
HomeLainnyaInternasionalRusia Serukan AS-NATO Berhenti Pasok Senjata ke Ukraina

Rusia Serukan AS-NATO Berhenti Pasok Senjata ke Ukraina

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menyerukan Amerika Serikat dan NATO untuk berhenti memasok senjata ke Ukraina jika mereka “benar-benar tertarik untuk menyelesaikan krisis Ukraina”.

Dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (30/4/2022), lebih dari dua bulan setelah memulai invasi ke Ukraina dalam tujuan jangka pendeknya untuk merebut ibu kota Kiev, Rusia sekarang mengintensifkan operasi militernya di wilayah Donbas, Ukraina timur.

Namun, Sergei Lavrov mengatakan kepada kantor berita resmi China, Xinhua bahwa “operasi militer khusus… berjalan sesuai rencana”.

.Baca : Inggris Minta Sekutu Bikin Tank dan Jet Tempur untuk Bantu Ukraina Lawan Agresi Rusia

“Jika AS dan NATO benar-benar tertarik untuk menyelesaikan krisis Ukraina, maka pertama-tama, mereka harus sadar dan berhenti memasok senjata dan amunisi kepada rezim Kiev,” kata Lavrov.

Kremlin sebelumnya menyebut pengiriman senjata Barat ke Ukraina sebagai ancaman bagi keamanan Eropa.

Dalam wawancaranya dengan Xinhua yang diterbitkan Sabtu, Lavrov mengatakan bahwa Rusia dapat “memperlengkapi kembali” ekonominya untuk menjaga dari potensi “permusuhan yang melanggar hukum”.

Dia menambahkan bahwa negara yang terkena rentetan sanksi itu akan fokus untuk menjauh dari dolar AS dan mengurangi impor, sambil meningkatkan kemandirian teknologinya.

Moskow telah menerapkan kebijakan “de-dolarisasi” selama beberapa tahun, meminta mitra-mitra seperti China dan India untuk melakukan pembayaran dalam mata uang lain.

Sejak invasi, negara-negara Barat telah memberlakukan sanksi yang sebagian besar memotong sektor keuangan Rusia dari ekonomi global.

China sendiri telah menghindari mengutuk invasi Rusia keUkraina dan membela persahabatan yang kuat dengan Moskow.

Sebelumnya, Amerika Serikat berjanji untuk berupaya sangat keras untuk membantu Ukraina memenangkan pertempuran melawan invasi militer Rusia. Janji itu disampaikan saat 40 negara termasuk AS bertemu pekan lalu untuk meningkatkan pertahanan Kiev melawan Moskow.

Seperti dilansir AFP, Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd Austin menyebut pertemuan itu bertujuan ‘untuk membantu Ukraina memenangkan pertempuran melawan invasi Rusia yang tidak adil dan untuk membangun pertahanan Ukraina untuk tantangan hari esok’.

“Ukraina jelas meyakini bahwa mereka bisa menang dan begitu juga semua orang di sini,” ucap Austin saat membuka pertemuan yang digelar di pangkalan udara AS Ramstein di Jerman itu.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK MINGGU 1 MEI 2022: Leo Romantis, Taurus Persahabatan Sangat Berarti, Virgo Hubungan Berkualitas, Cancer Tertarik Pada Seseorang

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SABTU 30 APRIL 2022: Taurus Sempurna,  Sagitarius Penuh Gairah, Cancer Pasangan Cukup Mengerti, Taurus Mengesampingkan Harga Diri

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER