Thursday, April 18, 2024
HomeLainnyaNasionalPresiden Jokowi Akan Bangun Superhub Ekonomi di Ibu Kota Baru

Presiden Jokowi Akan Bangun Superhub Ekonomi di Ibu Kota Baru

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal membangun superhub ekonomi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Rencana itu tergambar dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 62 Tahun 2022 tentang Otorita IKN yang diteken Jokowi pada 18 April 2022.

Dalam Pasal 26 ayat (1) Perpres tersebut, Jokowi mengatur pengembangan superhub ekonomi di ibu kota baru nantinya dilakukan melalui kerja sama antara Otorita IKN dengan daerah mitra IKN .

.Baca : Presiden Jokowi Bentuk Dewan Penasihat Otorita IKN

.Baca : Satukan Tanah dan Air dari 34 Provinsi di IKN, Presiden Jokowi: Ini Bentuk Kebinekaan

“Otorita Ibu Kota Nusantara dapat bekerja sama dengan Daerah Mitra yang berlokasi di Pulau Kalimantan,” demikian bunyi Perpres tersebut dikutip Kamis (5/5).

Pada aturan selanjutnya, penentuan daerah mitra dilakukan berdasarkan keputusan Kepala Otorita IKN sesuai kriteria dan pertimbangan yang ada.

“Dengan berpedoman pada Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, Perincian Rencana Induk Ibu Kota Nusantara, dan peraturan perundang-undangan mengenai Ibu Kota Negara,” sambung Perpres tersebut.

Lebih lanjut, dalam aturan yang sama, Otorita IKN dan Daerah Mitra dapat melakukan kolaborasi dan bersinergi dengan daerah lainnya yang telah berkembang.

Kerja sama itu juga tidak terbatas di wilayah Pulau Kalimantan melainkan wilayah lainnya di Indonesia.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 6 MEI 2022: Capricorn Hubungan Romantis, Scorpio Bertemu Impian, Aries Hubungan Baru, Aquarius Pasangan Sibuk

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK KAMIS 5 MEI 2022: Taurus Romantis, Aquarius Mencari Jodoh, Gemini Pengertian dan Toleransi, Aries Lebih Perhatian

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER