Thursday, April 18, 2024
HomeLainnyaNasionalKunjunggi Titik Nol, Ribuan Warga Kepo dengan Calon Ibu Kota Baru RI

Kunjunggi Titik Nol, Ribuan Warga Kepo dengan Calon Ibu Kota Baru RI

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Sejak kembali dibuka pada H+2 Idul Fitri 2022, ribuan pengunjung mulai memadati Ttitik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Posko IKN sendiri mencatat pada hari pertama dibukanya kembali titik nol IKN, pengunjung mencapai 1.700 orang lebih per hari. Sementara pada H+3 tepatnya pada Kamis (5/5/2022) jumlah pengunjung nyaris tembus 3.000 orang. Tak ayal ratusan kendaraan baik roda empat maupun roda dua memenuhi area yang akan dibangun kantor pemerintahan tersebut.

.Baca : Pembangunan Segera Dimulai, Presiden Jokowi Tidur dalam Tenda di IKN Baru

Para pengunjung yang banyak dari luar Kalimantan Timur (Kaltim) ini sengaja datang ke sana lantaran penasaran dengan lokasi yang akan menjadi IKN Republik Indonesia tersebut. Salah satu pengunjung asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) bernama Rahma mengaku sengaja datang ke sana karena penasaran dengan lokasi IKN yang beberapa kali didatangi oleh Presiden Joko Widodo tersebut.

“Kebetulan lagi silaturahmi ke rumah keluarga di Balikpapan, karena penasaran sebelum kembali pulang ke Banjar sempatkan singgah dulu untuk foto-foto di titik nol yang lagi viral ini,” terang Rahmah.

Hal senada juga disampaikan pengunjung lainnya. Dia sengaja berlibur ke Kaltim untuk mengunjungi titik nol IKN. “Saya dari Jakarta, liburan saja sih ke sini jalan-jalan sama keluarga, sambil melihat langsung ini lokasi yang mau dibangun pusat pemerintahan,” timpal Mirwan.

Ribuan Pengunjung Selama Libur Lebaran

Sementara itu, saat dikonfirmasi, Sekretaris Camat Sepaku, Adi Kustaman mengatakan membeludaknya pengunjung yang datang ke lokasi IKN lantaran sempat ditutup pada akhir Ramadan lalu, yakni sejak 30 April hingga 3 Mei kemarin. Selain itu, libur lebaran ini dimanfaatkan pengunjung untuk melihat langsung lokasi IKN.

.Baca : Presiden Jokowi Prediksi Pembangunan IKN Nusantara Rampung 15-20 Tahun

“Hari pertama dibuka itu pengunjung ada sekitar 1.700 orang. Nah hari ini ada 2.987 pengunjung, artinya meningkat hampir dua kali lipat dari kemarin,” ujar Kustaman.

Kustaman menambahkan, dari pantauan di lapangan pengunjung yang datang kebanyakan warga dari luar wilayah Sepaku yang penasaran dengan lokasi IKN. Bahkan, tak sedikit yang dari luar Kaltim menyempatkan diri ke Titik Nol IKN menghabiskan waktu libur lebarannya.

“Jika dilihat banyak juga dari luar pulau yang datang, mungkin kebetulan pas lagi libur mudik ke Kaltim,” ucapnya.

Membeludaknya pengunjung membuat petugas yang berjaga cukup kewalahan, akan tetapi dapat terkendali dan berlangsung aman. “Sejauh ini berlangsung aman dan tertib, ada beberapa pengunjung yang buang sampah sembarangan tapi sudah kita antisipasi dan selalu kami imbau,” Kustaman menandaskan.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 7 MEI 2022: Aries Cinta Berkembang, Libra Menjanjikan, Leo Sangat Positif, Cancer Mudah Didekati

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK JUMAT 6 MEI 2022: Capricorn Hubungan Romantis, Scorpio Bertemu Impian, Aries Hubungan Baru, Aquarius Pasangan Sibuk

Sumber:liputan6

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER