Lukisan Marilyn Monroe Tahun 1964 Laku Terjual Seharga Rp 2,8 Triliun

Editor: Redaksi

Lukisan Marilyn Monroe yang terjual Rp 2,8 Triliun.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Lukisan Marilyn Monroe karya Andy Warhol pada 1964 telah, dibeli salah seorang mega dealer seni Amerika Serikat bernama Larry Gagosian. Pembelian tersebut berhasil memecahkan rekor tertinggi dengan harga yang fantastis.

Mengutip Forbes, Larry Gagosian berhasil memenangi penawaran dengan harga USD 195 juta atau sekitar Rp 2,8 Triliun. Masih belum jelas alasan Gagosian membeli karya itu. Entah untuk pribadi atau salah satu kliennya yang kaya, termasuk kolektor mega miliarder seperti David Geffen, Leon Black, Steve Cohen dan Leonard Lauder. Hal itu karena perwakilan dari Gagosian menolak berkomentar.

Siapa Larry Gagosian?

Pemilik salah satu galeri seni terbesar di dunia, Gagosian sering digambarkan sebagai dealer seni paling penting di dunia. Ia lahir pada 19 April 1945 di Los Angeles, California. Pada 1969, Gagosian lulus dari jurusan sastra Inggris di UCLA.

Pria berusia 77 tahun itu mengelola sebuah kerajaan seni dengan 19 ruang pameran yang mencakup dunia, dari Madison Avenue di New York ke jantung distrik keuangan Hong Kong.

Eksistensi Gagosian di dunia seni sudah dimulai jauh sebelum pembelian lukisan karya Andy Warhoil ini. Gagosian telah mulai pada 1970-an dengan menjual cetakan poster pemandangan laut dari tempat parkir di Los Angeles seharga USD 20, sebelum dealer seni New York yang berpengaruh Leo Castelli membawanya di bawah sayapnya.

Mengutip Gagosian, Larry Gagosian membuka galeri pertamanya pada 1980 di Los Angeles. Kini, ia telah mempekerjakan lebih dari tiga ratus orang.

Gagosian mendapat pengakuan atas kontribusinya di bidang seni kontemporer dan modern. Gagosian telah menerima Peabody Award sebagai produser American Masters: Andy Warhol, A Documentary Film (2006); lencana Chevalier de la Légion d’honneur dari pemerintah Prancis (2010), setelah itu ia diangkat menjadi l’ordre national du Mérite (2015); Medali Akademi dari American Academy di Roma (2010); dan Medali Kehormatan Ellis Island (2018).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.