Manfaat Kunjungan Presiden Jokowi ke SpaceX Menurut Kepala BRIN

Editor: Redaksi

CEO Tesla dan SpaceX sekaligus orang terkaya di dunia Elon Musk akan memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Indonesia pada November 2022 mendatang.
CEO Tesla dan SpaceX sekaligus orang terkaya di dunia Elon Musk akan memenuhi undangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang ke Indonesia pada November 2022 mendatang.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), L.T. Handoko, menilai teknologi dan inovasi SpaceX tak asing bagi tim peneliti di Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa dan Deputi Infrastruktur Riset dan Inovasi BRIN. Dia mengatakan itu saat diminta tanggapannya atas kunjungan Presiden Joko Widodo ke SpaceX dan bertemu dengan pendiri perusahaan teknologi penerbangan antariksa itu, Elon Musk.

Seperti dikutip dari unggahan di akun instagram miliknya, Jokowi mengungkapkan kalau dirinya dan Elon Musk berbicara tentang teknologi dan inovasi. Ditanyakan apa teknologi SpaceX yang cocok dikembangkan di Indonesia saat ini, Handoko menjawab, “Itu sudah dibuat Tim ORPA dan DIRI, mulai dari satelit dan seterusnya.”

Mantan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang kemudian ditunjuk memimpin seluruh lembaga riset dan penelitian yang ada di tanah air ini menerangkan kalau BRIN sedang melakukan percepatan program penginderaan jauh berbasis 18 satelit operasional. “Bukan satelit eksperimental,” katanya menegaskan via aplikasi pesan WhatsApp, Minggu siang 15 Mei 2022.

BRIN tengah menawarkan swasta untuk masuk program tersebut. Menilai skala ekonominya yang sangat besar, Handoko menuturkan, BRIN akan mengambil posisi meminta setengah dari jumlah satelit itu untuk diluncurkan dari Indonesia, yang otomatis akan menghidupkan program bandar antariksa.

Baca juga: 

“Selanjutnya kita lebih mudah juga memasukkan program alih teknologi roket karena akan lebih murah bila roket (minimal) dirakit di Indonesia juga,” katanya.

Hanya dengan model bisnis seperti itu, BRIN akan memperhitungkan setiap tawaran swasta yang berminat masuk. Prinsip yang sama, kata Handoko, akan diberlakukan terhadap SpaceX atau Elon Musk pascakunjungan Jokowi. Dia menegaskan akan melihat dulu model bisnis yang dibawa SpaceX ataupun Tesla ke Indonesia.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.