Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaInternasionalMars Jadi Alasan Orang Terkaya Dunia Tinggal di Kontrakan

Mars Jadi Alasan Orang Terkaya Dunia Tinggal di Kontrakan

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Sempat mengaku tak memiliki rumah pribadi, CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk dianggap sejumlah pihak sebagai ‘crazy rich’ sesungguhnya yang tak risau dengan simbol-simbol kemewahan.

Ia juga kerap berkostum kaus oblong Rp300 ribu-an dalam pertemuan resmi, termasuk saat berjumpa Presiden Jokowi, di markas SpaceX, Texas, Sabtu (14/5); dan saat bertemu rombongan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, di Gigafactory Tesla, Austin, Texas, Selasa (26/4).

Namun, apakah benar pria terkaya di dunia versi Forbes itu sesederhana ini?

Pada Juni 2021, miliarder berusia 50 tahun itu mengaku tinggal di rumah petak yang ia sewa dari perusahaannya sendiri, SpaceX.

.Baca : Evolusi Roket SpaceX Ambisi Elon Musk Pergi ke Mars

“Rumah utama saya adalah benar-benar terletak di Boca Chica/Starbase yang saya sewa dari SpaceX seharga US$50 ribu (sekitar Rp728 juta). Tetap mengesankan,” kicaunya lewat akun @elonmusk.

Hal itu terkait dengan komitmennya untuk menjual semua aset fisiknya, seperti yang pernah diumumkannya pada Mei 2021.

“Saya menjual hampir semua harta benda fisik. Tidak akan memiliki rumah,” kicaunya.

Dikutip dari Vanity Fair, delapan bulan setelah kicauan itu Musk memenuhi janjinya dengan menjual tujuh rumahnya di California, AS, dengan total US$137 juta.

Di antaranya, rumah pertama dan terbesarnya dijual US$29 juta kepada miliarder China William Ding, pada Juni 2021; properti keduanya dijual pada Oktober 2021 seharga US$7 juta;

Serta tiga rumah terakhir yang ia jual, yakni rumah kontemporer seluas 9,309 kaki persegi (sekitar 864,8 meter persegi) dengan enam kamar tidur dan tujuh kamar mandi seharga US$29,72 juta; rumah bergaya kolonial seharga US$6,77 juta; dan properti kecil seharga US$4,43 juta.

Kepada Wall Street Journal, Desember 2021, Musk mengaku sudah pindah ke Texas, yang merupakan basis Tesla dan SpaceX, setelah berulang kali berselisih dengan pejabat negara bagian California mengenai protokol Covid-19. Texas sendiri tidak memungut pajak individu, bahkan kepada orang terkaya di dunia.

Rumah kompleks

Dikutip dari Daily Mail, Boca Chica, daerah pantai berdebu di luar Brownsville, Texas, mulanya adalah desa bagi para pensiunan yang tenang.

SpaceX kemudian mendirikan markasnya di lokasi itu pada 2014 dan membeli sebagian besar properti, termasuk rumah milik Richard dan Patricia Heaton yang kini ditinggali Musk.

Namun, rumah itu jauh dari pusat kota. Musk harus berkendara 20 mil (32,19 km) ke supermarket terdekat. Sementara air minumnya diangkut dengan truk oleh Cameron County seminggu sekali hingga SpaceX membangun pabrik desalinasi yang diusulkan.

Salah satu warga sekitar mengakui bahwa miliarder berusia 50 tahun itu memang tinggal di Boca Chica yang hanya berjarak dua mil dari perbatasan Meksiko.

Rumah bergaya peternakan dengan tiga tempat tidur itu sudah dihaluskan bagian dindingnya, ditanami pohon baru, dan dititup semua bagian atapnya dengan panel surya berteknologi tinggi buatan Tesla, serta dilengkapi dengan rumah bermain anak-anak berbentuk roket.

Puluhan kamera, beberapa di antaranya terletak di atas jalan di puncak pohon palem, terpasang di sekeliling rumah. Tim pengawalnya tinggal di rumah sebelahnya.

Musk juga mendaftarkan alamat rumah tersebut sebagai tempat tinggalnya dalam daftar pemilih Pilpres AS 2020.

“Dia tidak pernah sendirian, dia selalu memiliki pengawal bersamanya. Dia biasanya datang larut malam, dia langsung masuk dan jarang keluar,” kata Jim Crawford (76), kepada Daily Mail.

“Dia melambai satu kali tetapi dia tidak pernah mengundang atau menyapa kami. Anda tidak bisa ke sana dan mengetuk pintunya karena pengawalnya akan keluar dalam sekejap.”

Penduduk setempat menyebut tanah seluas 1.580 kaki persegi (146,78 meter persegi) itu sebagai “kompleks” karena pagar setinggi 8 kaki (2,44 meter) dibangun di sekitarnya pada 2021.

“Anda tahu Elon Musk akan datang karena Anda melihat orang-orang SpaceX memungut sampah dan merapikan tempat itu,” lanjut Crawford.

Melansir laporan Forbes, yang mengutip Wall Street Journal, Musk tak cuma tinggal Boca Chica. Ia ‘mengontrak’ di mansion alias rumah besar mewah milik temannya, Ken Howery, yang diduga seharga US$12 juta (Rp175,99 miliar).

.Baca : Orang Terkaya di Dunia Elon Musk Tidak Punya Rumah dan Kapal Pesiar

Howery merupakan salah satu pendiri PayPal, yang juga didirikan Elon Musk, dan mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Swedia.

Howery membantah laporan itu. “Elon tidak tinggal di rumah saya, dia tinggal di Texas Selatan. Dia tinggal di rumah sebagai tamu saya kadang-kadang ketika bepergian ke Austin.”

Di luar persoalan properti pribadi, Elon Musk juga dilaporkan enggan menjual jet pribadi Gulfstream miliknya senilai US$70 juta (Rp1 triliun). Total kekayaannya pun masih mencapai US232,5 miliar (Rp3409,8 triliun).

Lalu, kenapa dia mesti repot-repot tinggal di kontrakan saat punya harta senilai hampir dua kali APBN RI 2022? Demi fokus pada misi membangun koloni di Mars jawabannya.

“Bakal butuh banyak sumber daya untuk membangun kota di Mars,” kata Musk kepada Mathias Döpfner, CEO perusahaan induk Bussines Insider, Axel Springer, dalam sebuah wawancara bulan Desember.

“Saya ingin bisa berkontribusi sebanyak mungkin untuk kota di Mars. Itu artinya modal yang besar,” tandasnya.

Soal proses mewujudkan mimpi membangun koloni di planet merah itu, Presiden dan Chief Operating Officer (COO) SpaceX Gwynne Shotwell mengatakan misi berawak ke Mars bisa terjadi sebelum akhir tahun 2030-an.

“Saya pikir itu akan terjadi dalam dekade ini. [Koloni] manusia di Bulan, lebih cepat, “kata Shotwell dikutip dari Space.

“Saya pikir kita perlu mendapatkan pengiriman besar ke permukaan Mars, dan kemudian orang akan mulai berpikir lebih keras tentang itu,” tambahnya. “Dan kemudian, saya pikir dalam lima atau enam tahun, orang akan melihat bahwa itu akan menjadi tempat yang nyata untuk dituju”.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA SELASA 17 MEI 2022: Leo Bersikap Tulus, Aries Lebih Ceria, Aquarius Menjadi Contoh, Libra Lebih Agresif

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA SENIN 16 MEI 2022: Aquarius Menyenangkan, Scorpio Mendapat Kejutan Besar, Taurus Berjalan Sempurna, Pisces Berperilaku Rasional

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER