Anggota DPRD Kota Batam Mengusulkan Pekerja Rentan Mendapatkan Jaminan BPJS

Editor: Redaksi

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

BATAM, SURYAKEPRI.COM – Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Mochamad Mustofa mengusulkan agar pekerja rentan di Kota Batam mendapatkan jaminan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Adapun yang dimaksud dengan pekerja rentan itu yakni, para mubaligh, imam masjid, guru-guru TPQ yang masuk di Badan Musyawarah Guru yang ada di Kota Batam serta pengurus tempat ibadah agama lain seperti pendeta dan lainnya. Dimana, mereka selama ini mendapatkan insentif dari APBD Kota Batam.

“Hal ini tentunya, perlu mulai dipikirkan oleh Pemerintah Kota Batam. Pada prinsipnya, sebenarnya data para guru, imam masjid, mubaligh Batam dan pendeta yang mendapat insentif dari Pemko Batam itu ada datanya di Kesra,” ujarnya, Senin (16/5).

Ia melanjutkan, para pekerja rentan ini mendapatkan insentif sebesar Rp 500 ribu setiap bulannya dan insentif itu belum termasuk pemotongan pajak.

Sehingga, dengan pendapatannya sebesar itu, sudah selayaknya pemerintah mulai memikirkan pekerja rentan ini untuk mendapatkan BPJS Ketenagakerjaan.

“Selama ini sudah ada BPJS Kesehatan yang berasal dari PBI. Ini berbeda, ini BPJS Ketenagakerjaan yang mendapatkan dua program, jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,” katanya.

Maka dari itu sudah selayaknya di tahun 2023 pemerintah mulai memikirkan mereka. Sebab, saat ini 6.000 pekerja THL dan Honorer dibawah Pemko Batam sudah mendapatkan program JKK dan JKN. Dengan kata lain, semua honorer dan THL sudah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

“Maka dengan ini saya berharap nanti bisa berkomunikasi dengan Kesra sebagai OPD yang menangani ini, atau gimana untuk mendapatkan alokasi anggaran untuk mendapatkan JKK dan JKN. Ini penting, kalau hal kecil ini bisa kita urus tentunya jaminan sosial itu akan bisa didistribusikan sangat baik ke masyarakat,” jelasnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.