52 Ribu Pelanggan PLN Karimun Akan Dapat Kompensasi

Penulis: Rachta Yahya/ Editor: Redaksi

Manager ULP PLN Tanjung Balai Karimun, Hendrico
Manager ULP PLN Tanjung Balai Karimun, Hendrico
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

KARIMUN, SURYAKEPRI.COM – Sekitar 52 ribu pelanggan Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) diusulkan mendapat kompensasi pembayaran tagihan listrik.

Kompensasi tersebut sebagai imbas atas kebijakan pemadaman bergilir yang diterapkan ULP PLN Tanjung Balai Karimun belakangan ini.

Manager ULP PLN Tanjung Balai Karimun, Hendrico mengatakan, pihaknya segera mengusulkan kepada PLN Pusat perihal pemberian kompensasi tersebut.

“Bukan kami (ULP PLN Tanjung Balai Karimun,red) yang beri tapi PLN Pusat, kami hanya mengusulkan, (PLN) Pusat yang menentukan,” ujar Hendrico seusai menghadiri rapat dengar pendapat dengan Komisi 3 DPRD Karimun, Rabu (18/5/2022).

Meski begitu, melihat lamanya pemadaman bergilir yang dirasakan pelanggan ULP PLN Tanjung Balai Karimun, Hendrico menyebut sudah memungkinkan untuk mendapatkan kompensasi karena pemadaman sudah di atas ambang batas 10 jam per bulan.

“Aturannya (pemberian kompensasi) itu pemadaman 10 jam per bulan dapat, sekarang ini kita sudah lebih dari 10 jam,” katanya.

Pemberian kompensasi tersebut dikatakan Hendrico sesuai dengan Peraturan Menteri BUMN dan ESDM Nomor 18 Tahun 2019.

Perihal bentuk kompensasi yang akan diberikan kepada pelanggan, Hendrico mengatakan tidak berbentuk uang melainkan pengurangan pembayaran tagihan listrik selama periode pemadaman bergilir berlangsung.

“Tidak dalam bentuk uang tapi pemotongan tagihan by sistem, maksudnya akan dipotong langsung oleh sistem bukan oleh kami. Begitu juga dengan pelanggan yang menggunakan token atau pulsa listrik,” ujar Hendrico.

Terkait besaran kompensasi, Hendrico menyebut bervariasi sesuai dengan besaran daya listrik yang digunakan pelanggan.

“Untuk lebih jelasnya bisa dilihat langsung di Permen ESDM Nomor 18 Tahun 2019 tersebut. Sekali lagi, ini dilakukan oleh sistem di PLN Pusat bukan kami di ULP PLN Karimun,” kata Hendrico.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.