Naik Pesawat, Vaksin 2 Kali Tidak Perlu Tes Covid-19

Editor : Sudianto Pane

Pemerintah menghapus syarat tes PCR dan antigen bagi penumpang pesawat dan alat transportasi lainnya asal sudah vaksin dua kali. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Pemerintah menghapus syarat tes PCR dan antigen bagi penumpang pesawat dan alat transportasi lainnya asal sudah vaksin dua kali. Ilustrasi. (CNNIndonesia/Adi Ibrahim)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) tidak perlu lagi tes Covid-19 dengan syarat sudah divaksin lengkap, aturan ini tertuang dalam surat edaran yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Aturan terbaru tersebut termaktub dalam SE 56 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi COVID-19. SE ini diteken Plt Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Rabu (18/5/2022).

Dalam SE ini mengatur kewajiban para perjalanan dalam negeri yang menggunakan transportasi udara dari dan ke daerah di seluruh Indonesia. Aplikasi Peduli Lindungi tetap diwajibkan sebagai syarat melakukan perjalanan domestik.

.Baca : Presiden Jokowi Hapus Tes PCR atau Antigen Bagi yang Sudah Vaksinasi Lengkap

.Baca : Kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia Terkendali, Presiden Jokowi Perbolehkan Masyarakat Beraktivitas Lepas Masker di Luar Ruangan

“PPDN yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen,” demikian isi SE tersebut.

Namun jika baru divaksin dosis pertama, masih diwajibkan menunjukkan hasil tes rapid antigen yang diambil kurun waktu 1×24 jam atau hasil negatif PCR kurun waktu 3×24 jam.

Kewajiban penunjukan hasil negatif Corona tersebut juga berlaku bagi pelaku perjalanan dalam negeri dengan kondisi kesehatan khusus atau komorbid yang menyebabkan tak bisa menerima vaksin. Namun harus dilampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit.

“PPDN dengan usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap syarat vaksinasi dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif RT-PCR atau rapid test antigen, namun wajib melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi dan pemeriksaan COVID-19 serta menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tulis SE tersebut.(*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.