Polisi Ringkus WNA Latvia Atas Dugaan Kejahatan Skimming, Total Kerugian Rp 1,2 Miliar

Editor: Redaksi

Ilustrasi skimming ATM. (Foto: Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Polda Metro Jaya berhasil meringkus RM, 46 tahun, warga negara asing (WNA) asal Latvia yang diduga melakukan kejahatan skimming kepada para nasabah bank di Indonesia. Total kerugian akibat perbuatannya itu mencapai Rp 1,2 miliar.

“Ini dia beraksi (melakukan skimming) dari April, Mei, kurang lebih dua bulan. Dari hasil perhitungan penyidik dan hasil cek ke pihak bank yang dirugikan total kerugian semua Rp 1,2 miliar,” Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Endra Zulpan saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Jumat, 20 Mei 2022.

Diduga Terhubung dengan Jaringan Internasional

Zulpan mengatakan pelaku tidak beraksi sendiri dan diduga memiliki jaringan internasional. Pasalnya pelaku mengaku hanya mendapatkan bagian 1,5 persen dari total uang yang dicuri dan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Tim penyidik masih mendalami kasus skimming ini dan tidak mau langsung mempercayai pengakuan pelaku yang hanya mendapatkan keuntungan sebesar 1,5 persen saja.

“Tersangka dapat 1,5 persen dari jumlah yang yang berhasil dikirimkan dari kartu binance yang sudah tersangka isi dengan data informasi elektronik ke rekening tujuan sesuai perintah yang akan dikirimkan oleh pimpinan tersangka,” ucap Zulpan.

Cara Pelaku Melakukan Skimming

Menurut Zulpan, pelaku skimming menjalankan aksinya dengan cara menggesekkan kartu-kartu yang dimilikinya ke mesin ATM. Kartu ini sebagai sarana untuk menampung data elektronik nasabah. Selanjutnya pelaku memindahkan data nasabah tersebut ke laptop yang sudah terpasang aplikasi proton.

“Setelah data dan informasi nasabah tersebut diakses dengan kartu binance yang telah terisi melalui ATM bank tersebut ke rekening bank yang diperintah pimpinannya melalui telegram,” ucap Zulpan.

Adapun barang bukti yang berhasil disita polisi di antaranya beberapa unit ponsel, beberapa kartu ATM, dan buku tabungan dari bank swasta nasional maupun bank BUMN. Selain itu, disita pakaian yang digunakan tersangka dalam aksinya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.