WHO Adakan Pertemuan Darurat, Tercatat 100 Kasus Cacar Monyet Terjadi di Eropa

C

Cacar Monyet.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengadakan pertemuan darurat pada Jumat, 20 Mei 2022. Pertemuan dilakukan untuk membahas wabah cacar monyet baru-baru ini, infeksi virus yang lebih banyak ditemukan di Afrika barat dan tengah. Namun kasus cacar monyet kini mulai menginfeksi manusia di Eropa. Tercatat ada 100 kasus yang telah dikonfirmasi.

Jerman menggambarkan merebaknnya cacar monyet pada manusia sebagai wabah terbesar di Eropa. Kasus serupa telah dilaporkan di setidaknya sembilan negara – Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris, serta serta Amerika Serikat, Kanada dan Australia.

Spanyol melaporkan 24 kasus baru pada hari Jumat, terutama di wilayah Madrid. Di sana pemerintah daerah setempat menutup sauna yang dicurigai menjadi penyebab penyebaran infeksi.

Sebuah rumah sakit di Israel merawat seorang pria berusia 30-an yang menunjukkan gejala penyakit tersebut. Pria itu baru saja tiba dari Eropa Barat.

Cacar monyet pertama kali diidentifikasi pada monyet. Penyakit ini biasanya menyebar melalui kontak dekat dan jarang menyebar ke luar Afrika, sehingga rangkaian kasus ini memicu kekhawatiran.

Namun para ilmuwan tidak mengharapkan wabah tersebut berkembang menjadi pandemi seperti COVID-19, mengingat virus tersebut tidak menyebar semudah SARS-COV-2.

Cacar monyet biasanya merupakan penyakit virus ringan, ditandai dengan gejala demam serta ruam bergelombang yang khas.

“Ini adalah wabah cacar monyet terbesar dan paling luas yang pernah terlihat di Eropa,” kata layanan medis angkatan bersenjata Jerman. Negara itu mendeteksi kasus pertamanya pada hari Jumat.

Pertemuan komite Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membahas masalah ini adalah Kelompok Penasihat Strategis dan Teknis tentang Bahaya Menular dengan Potensi Pandemi dan Epidemi (STAG-IH). Pertemuan itu akan memberi saran tentang risiko infeksi yang dapat menimbulkan ancaman kesehatan global.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.