AS Sebut Ada 20 Negara Tawarkan Tank dan Rudal Bantu Ukraina Lawan Pasukan Rusia

Editor : Sudianto Pane

Ilustrasi -- Tentara Ukraina mengoperasikan howitzer dalam latihan di Kherson pada Januari lalu (dok. Press Service of the Joint Forces Operation/Handout via REUTERS)
Ilustrasi -- Tentara Ukraina mengoperasikan howitzer dalam latihan di Kherson pada Januari lalu (dok. Press Service of the Joint Forces Operation/Handout via REUTERS)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sekitar 20 negara menawarkan paket bantuan keamanan terbaru untuk Ukraina dalam menghadapi pasukan Rusia yang terus menginvasi wilayahnya. Mulai dari amunisi artileri, rudal, sistem pertahanan udara, tank, helikopter hingga kendaraan lapis baja ditawarkan untuk Ukraina.

Dilansir AFP, Selasa (24/5/2022), tawaran bantuan keamanan untuk Ukraina itu diungkapkan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin dalam pertemuan kedua antara AS dan negara-negara sekutunya guna membahas situasi terkini Ukraina pada Senin (23/5) waktu setempat.

Nyaris empat lusin negara dan organisasi yang membentuk Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina bertemu secara online untuk membahas upaya-upaya membantu Ukraina dalam melawan invasi Rusia. Sedikitnya 20 negara di antaranya menjanjikan persenjataan, amunisi dan pasokan lainnya untuk mendukung Kiev.

.Baca : Rusia Nyatakan Kemenangan di Mariupol dan Kuasai Pabrik Baja Azovstal

Kelompok itu mendapatkan penjelasan oleh Menhan Ukraina Oleksiy Reznikov soal situasi perang terkini di Ukraina, di mana kedua pihak yang berkonflik terus bertempur di garis depan yang ada di wilayah Ukraina bagian timur dan selatan yang dikuasai pasukan Rusia.

“Hari ini, bersama dengan Menteri Reznikov dan timnya, kita mendapatkan pemahaman bersama yang lebih tajam soal kebutuhan prioritas Ukraina dan situasi di medan pertempuran,” sebut Austin dalam pertemuan tersebut.

“Banyak negara menyumbangkan amunisi artileri yang sangat dibutuhkan, sistem pertahanan pantai dan tank-tank dan kendaraan lapis baja lainnya,” ungkapnya.

Negara-negara lainnya, tambah Austin, menawarkan pelatihan untuk militer Ukraina. Tidak disebutkan lebih lanjut daftar 20 negara yang menawarkan bantuan persenjataan untuk Ukraina.

Namun, Austin secara spesifik menyebut Denmark berkomitmen mengirimkan sistem rudal antikapal Harpoon dan Republik Ceko menawarkan helikopter serbu, tank dan sistem roket.
Harpoon merupakan rudal jelajah yang bisa meluncur di permukaan laut untuk menargetkan kapal-kapal hingga sejauh 300 kilometer di lepas pantai, tergantung jenisnya. Biasanya Harpoon dipasang pada kapal atau pesawat, namun Denmark menjadi satu-satunya negara dengan sistem perlindungan pantai berbasis darat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.