Thursday, July 18, 2024
HomeHealthMenkes Ungkap Penggunaan Masker akan Menjadi Pilihan Masing-masing Individu

Menkes Ungkap Penggunaan Masker akan Menjadi Pilihan Masing-masing Individu

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan protokol kesehatan virus corona (Covid-19) yakni pemakaian masker secara bertahap akan menjadi sebuah pilihan yang akan diserahkan ke masing-masing individu sehingga tidak lagi ‘dikekang’ oleh pemerintah.

Budi menyebut upaya itu merupakan salah satu bentuk pembentukan kesadaran warga dan sebagai bukti tanda kesiapan warga dari pandemi menuju endemi Covid-19.

“Apa yang akan pemerintah lakukan? Gradually memindahkan tanggung jawab untuk mengelola kesehatan diri pribadi masyarakat ke masing-masing individu,” kata Budi dalam konferensi pers, Selasa (31/5).

Budi menyebut, apabila masyarakat sudah memiliki kesadaran penuh terhadap protokol kesehatan Covid-19. Kemudian memahami apabila sakit harus berobat kemana hingga dan tidak merasa terbebani dengan protokol kesehatan yang sebelumnya diatur oleh pemerintah, maka dapat dikatakan Indonesia sudah memasuki fase endemi.

Budi kemudian mengatakan, kebijakan pemerintah merelaksasi penggunaan masker merupakan salah satu bentuk upaya melihat kesadaran warga Indonesia terhadap perilaku hidup sehat dan bersih selama pandemi.

Pemerintah per 17 Mei telah memberikan relaksasi penggunaan masker di tengah kondisi pandemi virus Corona di Indonesia. Namun ada sejumlah kondisi tertentu dan golongan orang yang tetap wajib menggunakan masker.

Di antaranya yakni saat pada kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Kemudian masker masih wajib bagi masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia dan warga yang memiliki komorbid alias penyakit penyerta, serta masyarakat yang mengalami gejala pilek dan batuk.

Sementara masyarakat yang tengah melakukan aktivitas di luar ruangan atau area terbuka yang tidak padat manusia telah diberi izin untuk tidak memakai masker.

“Sebenarnya secara gradual yang Pak Presiden lakukan bukannya mengendorkan, tetapi mendidik masyarakat untuk memakai pertimbangannya sendiri, apakah mereka merasa perlu pakai masker atau tidak,” ujar Budi. (*)

Sumber: cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER