iPhone 15 Akan Gunakan USB Type-C Demi Patuhi Regulasi Eropa

Editor : Sudianto Pane

Port Lightning Port pada iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Port Lightning Port pada iPhone (Liputan6.com/ Agustin Setyo Wardani)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – September tahun ini, Apple akan merilis iPhone 14 series. Seperti tahun-tahun sebelumnya, iPhone 14 series masih akan menggunakan port lightning untuk keperluan pengisian daya dan transfer data.

Namun, iPhone 15 yang rencananya dirilis tahun depan bakal menggunakan port USB Type-C. Keputusan ini tampaknya merupakan respon atas persyaratan yang diajukan oleh Komisi Uni Eropa.

Mengutip Gizchina, Senin (6/6/2022), Komisi Uni Eropa dan negara-negara Eropa akan menggolkan aturan yang menjadikan port USB Type-C sebagai standar kesatuan.

.Baca : iPhone SE 2022 Hadir di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Menurut laporan, negara-negara Uni Eropa dan anggota parlemen Uni Eropa akan bertemu pada Selasa 7 Juni untuk membahas dan mencapai kesepakatan.

Komisi Uni Eropa akan berupaya menyatukan antarmuka pengisian daya ponsel, tablet, dan headphone. Antarmuka terpadu akan menjadi USB Type -C yang kini banyak digunakan di Android.

Alasan hal ini diatur dan diterapkan karena alasan lingkungan. Pasalnya, antarmuka terpadu bisa dipakai kembali, mengurangi limbah, dan membuat pengguna hemat sekitar 250 juta euro per tahun.

Perlu diketahui, Uni Eropa juga sudah membahas proposal untuk menyatukan antarmuka perangkat digital selama lebih dari 10 tahun. Sebelumnya, Uni Eropa menerapkan kebijakan sebagian perangkat dengan port USB micro.

Menurut laporan, Uni Eropa tidak terbuka untuk adanya lobi. Uni Eropa bakal melaksanakan aturan ini dalam skala besar, termasuk penggunaan port USB Type-C untuk mengisi daya laptop.

Mau Tak Mau

Sebelumnya, Apple menentang penggunaan unifikasi USB Type-C oleh Uni Eropa. Namun perusahaan juga menghadirkan iPad dan Mac yang menggunakan port USB Type C. Kini, iPhone yang jadi sasaran jadi kebijakan Uni Eropa tersebut.

Mau Tak Mau

Sebelumnya, konsultan Ming-Chi Kuo mengklaim Apple akan terus memakai port Lightning dalam beberapa tahun ke depan. Bahkan beberapa waktu lalu ada laporan bahwa Apple akan menghadirkan iPhone tanpa port sama sekali.

Jika hal tersebut diterapkan, kemungkinan iPhone harus bergantung pada pengisian daya nirkabel dan transmisi data nirkabel, alih-alih memakai port USB Type C.

Namun dengan prediksi terbaru, Apple tampaknya harus menurut kepada berbagai tekanan. Kini mau tak mau, ke depannya Apple harus menggunakan port USB Type C pada iPhone mereka.

Paling tidak, Apple harus menyediakan produk iPhone dengan port USB Type C untuk pasar Eropa atau membuat semua produknya di seluruh dunia, memakai port USB Type C.

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.