Friday, March 29, 2024
HomeSportSepakbolaWales Berhasil Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar

Wales Berhasil Lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Wales berhasil memastikan satu tempat di putaran final PIala Dunia Qatar 2022 usai mengalahkan Ukraina 1-0 pada partai final playoff kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa di Cardiff City Stadium, Minggu (5/6/2022) malam WIB.

Gol kemenangan Wales berasal dari gol bunuh diri Andriy Yarmolenko (34’), yang berawal dari tendangan bebas Gareth Bale.

Dengan demikian, Wales berhasil mendapatkan satu tiket terakhir dari zona Eropa untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

.Baca : Lionel Messi Optimis Argentina Juara Piala Dunia 2022 Qatar

.Baca : Rusia Cabut Banding Terhadap Larangan FIFA, Polandia Lolos ke Piala Dunia Qatar 2022

Bermain di hadapan publiknya sendiri, Wales justru mendapat tekanan dari Ukraina. Gareth Bale dkk sempat kerepotan untuk meredam perlawanan yang diberikan tim asuhan Oleksandr Petrakov sejak menit awal.

Pada menit ke-11, Ukraina nyaris saja menjebol gawang tim tuan rumah lewat tendangan yang dilesatkan Yeremchuk. Namun sayangnya tendangan tersebut masih bisa ditepis oleh Hennessey. Sementara itu, Wales masih tampak kesulitan untuk keluar dari tekanan para pemain lawan.

Ukraina benar-benar mendominasi jalannya pertandingan ini. Bahkan, mereka membuat peluang emas kembali di menit ke-29 lewat tendangan Zinchenko. Namun, lagi-lagi Hennessey dapat mengantisipasi tendangan tersebut dengan sangat baik.

Meski tampil dominan, Ukraina justru harus bernasib sial. Pasalnya, pada menit ke-34, Wales sukses menjebol gawang yang dijaga Bushchan karena tendangan bebas yang dilesatkan Gareth Bale menyentuh badan dari Yarmolenko sehingga membuat bola berubah arah.

Wales yang sedang unggul 1-0 pun mencoba untuk mempertahankan keunggulannya tersebut hingga jeda turun minum. Dan benar saja, sampai peluit babak pertama dibunyikan, tidak ada tambahan gol yang tercipta.

Ukraina coba mengejar ketertinggalannya di babak kedua. Pada menit ke-56, umpan silang Vitaliy Mykolenko disambut Viktor Tsygankov. Tembakannya dihentikan Wayne Hennessey, dan Roman Yaremchuk mencoba memanfaatkan bola muntah hasil tepisan. Sayang, ia gagal mengarahkan bola ke gawang.

Pada menit ke-65, Ruslan Malinovskiy mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang pemain Atalanta itu gagal menghasilkan gol karena bidikannya melebar dari sasaran.

Peluang ganda untuk Wales tercipta pada menit ke-76. Dimulai dari tembakan Brennan Johnson yang mengenai tiang, Gareth Bale menerjang bola muntah dan membidik gawang. Arahnya tepat, tapi bola bisa dihentikan oleh Georgi Bushchan.

Ukraina kembali dibuat gigit jari oleh Hennessey di menit ke-84. Artem Dovbyk hampir menyelamatkan wajah Ukraina dari kekalahan dengan tusukannya ke kotak penalti. Hennessey menghentikan percobaan mencetak gol itu.

Tambahan waktu enam menit tidak cukup untuk membantu Ukraina mencetak gol penyama kedudukan. Kedudukan 1-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan, dan Wales pun dinyatakan sebagai pemenang di laga ini.

“Ini adalah hasil terbesar dalam sejarah untuk sepak bola Wales,” kata Bale kepada Sky Sports.

“Itu berarti segalanya. Dari mimpi itu dibuat. Saya tidak bisa berkata-kata karena saya sangat bahagia,” imbuhnya.

“Kata-kata tidak bisa menggambarkan bagaimana perasaan kami saat ini.”

Wales berhak menuju ke Qatar pada bulan November 2022 mendatang.

Gareth Bale dkk akan menghadapi Inggris, Amerika Serikat dan Iran di Grup B Piala Dunia.

Susunan Pemain:

Wales (3-5-2): Wayne Hennessey; Ethan Ampadu, Joe Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Joe Allen, Daniel James (Brennan Johnson 71′), Neco Williams (Rhys Norrington-Davies 90′); Kieffer Moore, Gareth Bale (Harry Wilson 83′).

Ukraine (4-1-4-1): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavaev, Illia Zabarnyi, Mykola Matvyenko, Vitalii Mykolenko; Taras Stepanenko (Serhiy Sydorchuk 70′); Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskyi (Mykola Shaparenko 70′), Viktor Tsygankov (Mykhailo Mudryk 77′); Roman Yaremchuk (Artem Dovbyk 77′).(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SENIN 6 JUNI 2022: Sagitarius Mencari Pasangan Romantis, Aries Kesempatan Bersenang-senang, Aquarius Perperilaku Agresif, Cancer Hubungan Membutuhkan Usaha

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER