YLKI Sepakat Minyak Goreng Curah Dihapus Asal Harga Penggantinya Terjangkau

Editor : Sudianto Pane

Minyak Goreng Curah
Minyak Goreng Curah

SURYAKEPRI.COM – Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengisyaratkan setuju dengan rencana pemerintah menghapus minyak goreng curah.

Dengan catatan, Staf Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI Rio Priambodo menuturkan harganya yang terjangkau. Selain itu, pengganti minyak goreng curah juga harus aman dikonsumsi.

“Jika minyak goreng curah dihapus, maka harus ada barang substitioner (pengganti) lain yang dihadirkan oleh pemerintah, yang harga terjangkau dan aman dikonsumsi oleh masyarakat,” ujarnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/6).

.Baca : Kejagung Sebut Berkas Kasus Mafia Minyak Goreng Lengkap Juni 2022

Rio juga menyebut penghapusan minyak goreng curah harus dibarengi dengan pengawasan ketat dari pemerintah. Sebab, tanpa pengawasan ketat harga minyak goreng kemasan bisa naik karena pesanannya meningkat.

“Jika tidak ada pengawasan yang ketat tidak menutup kemungkinan harga minyak goreng kemasan akan naik lagi,” terang dia.

Lebih lanjut Rio menyebut permasalahan kenaikan bahan pokok maupun permasalahan lainnya adalah ujian bagi pemerintah. Di sisi lain, pemerintah juha harus membuat suatu kebijakan yang pro terhadap rakyat.

Menurutnya, dampak ekonomi terhadap konsumen tentunya akan menurunkan daya beli, baik barang maupun jasa. Oleh karena itu, pemerintah harus mengantisipasi efek domino yang disebabkan kenaikan harga pada komoditas tertentu.

“Karena tentunya kenaikan bahan pokok akan berdampak juga pada naiknya harga produksi suatu barang atau jasa,” jelasnya.