Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaInternasionalPresiden Rusia Putin Terkait UE Dukung Ukraina Jadi Anggota: Rusia Tak Keberatan

Presiden Rusia Putin Terkait UE Dukung Ukraina Jadi Anggota: Rusia Tak Keberatan

Editor : Sudianto Pane

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku dia tidak keberatan jika Ukraina bergabung dengan Uni Eropa.
Komentar itu diutarakan Putin merespons keputusan bersejarah Komisi Uni Eropa baru-baru ini yang akhirnya menyatakan mendukung Ukraina menjadi anggota blok tersebut.

“Kami tidak menentangnya. Ini bukan blok militer. Itu hak negara mana pun untuk bergabung dengan serikat ekonomi,” kata Putin pada Jumat (17/6)  ketika ditanya tentang prospek Ukraina bergabung dengan UE.

.Baca : Media Rusia: Presiden Jokowi Akan Temui Presiden Putin di Moskow

Berbicara di forum ekonomi tahunan di St. Petersburg, Putin mempertanyakan apakah Uni Eropa benar-benar mengizinkan Ukraina bergabung sepenuhnya. Sebab, menurutnya, Ukraina akan membutuhkan subsidi ekonomi yang besar dan mungkin beberapa negara anggota UE tak bersedia memberikannya jika nanti Kyiv resmi bergabung.

Rusia memang tak begitu mempermasalahkan Ukraina bergabung dengan Uni Eropa. Namun, Moskow menolak keras negara eks Uni Soviet itu bergabung dengan aliansi militer NATO. Kedekatan Kyiv dan NATO yang terus menguat bahkan dinilai menjadi salah satu alasan Rusia menginvasi Ukraina.

Sebelum melancarkan invasi pada Februari lalu, Putin juga telah meminta jaminan keamanan dari Amerika Serikat bahwa Ukraina tidak akan diterima dalam aliansi militer mana pun.

Hal senada juga diungkap juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. Ia mengatakan Kremlin terus memantau upaya Ukraina menjadi anggota Uni Eropa, terutama soal peningkatan kerja sama pertahanan di antara keduanya.

“Masalah ini membutuhkan perhatian kami yang tinggi, karena kami semua menyadari intensifikasi diskusi di Eropa tentang masalah penguatan komponen pertahanan UE,” kata Peskov dalam panggilan telepon dengan wartawan seperti dikutip Reuters.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SABTU 18 JUNI 2022: Pisces Kekasihmu Senang Denganmu, Scorpio Mengungkapkan Perasaan Cinta, Taurus Lugas dan Terbuka,  Leo Kebahagiaan Bersama Pasangan.

 

 

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER