Friday, April 19, 2024
HomeLainnyaNasionalSELAMAT ULANG TAHUN KE-61 TAHUN PRESIDEN JOKOWI

SELAMAT ULANG TAHUN KE-61 TAHUN PRESIDEN JOKOWI

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Presiden Joko Widodo berulang tahun hari ini. Pria yang akrab disapa Jokowi itu menginjak usia 61 tahun.

Jokowi lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Surakarta, 21 Juni 1961. Ia lahir dengan nama Mulyono. Kedua orang tuanya mengganti nama menjadi Joko Widodo setelah Mulyono berulang kali sakit.

Dia memiliki ayah bernama Noto Mihardjo dan ibu bernama Sujiatmi. Jokowi merupakan anak pertama dari empat orang bersaudara.

Semasa kecil, Jokowi hidup dalam keluarga sederhana. Ayahnya bekerja sebagai penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali Karanganyar.

Dia mengenyam pendidikan dasar dan menengah di Solo. Kemudian, ia berkuliah di Universitas Gadjah Mada. Ia lulus pada 1985 setelah menyelesaikan skripsi berjudul “Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kodya Surakarta”.

Seusai kuliah, Jokowi mencoba berkarier di sejumlah perusahaan kayu. Pada 1988, ia mendirikan usaha kayu dengan nama CV Rakabu.

Jokowi menikah dengan Iriana pada 1986. Mereka memiliki tiga anak, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Ia memiliki empat cucu. Mereka bernama Jan Ethes Srinarendra, La Lembah Mana, Sedah Mirah Nasution, dan Al Nahyan Nasution.

Soal karier politik, Jokowi memulainya pada 1998. Dia bergabung dengan PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri.

Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta pada 2005. Ia berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo dalam pilkada tersebut.

Dia menjabat selama dua periode. Setelah itu, PDIP dan Partai Gerindra memboyongnya ke DKI Jakarta. Jokowi dipasangkan dengan mantan Bupati Belitung Timur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Jokowi-Ahok mengalahkan petahana Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Mereka pun berhak menjabat pada 2012-2017.

Pada tengah perjalanan di DKI, Jokowi mendapat tiket Pilpres 2014. Dia berpasangan dengan politikus senior Jusuf Kalla. Mereka menjadi presiden dan wakil presiden usai mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Jokowi kembali mencalonkan diri pada Pilpres 2019 dengan menggandeng Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin. Mereka mengalahkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Jokowi pun melanjutkan kepemimpinannya hingga 2024.

 

Sumber: cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER