Sapi PO Asal Lereng Gunung Merapi Jadi Hewan Kurban Presiden Jokowi Tahun Ini

Editor: Redaksi

Sapi Presiden Jokowi yang akan jadi kurban Idul Adha pada tahun ini. (Foto: tempo.co)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Seekor sapi jenis peranakan ongole atau PO yang dipelihara warga lereng Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, terpilih menjadi salah satu sapi yang akan dikurbankan Presiden Jokowi saat Idul Adha tahun ini. Sapi bernama Abimanyu itu berusia sekitar empat tahun.

Sapi Presiden Jokowi itu berbobot sekitar 850 kilogram, lingkar dada 205 sentimeter, panjang 144 sentimeter, dan tinggi pundak mencapai 150 sentimeter.

“Sapi ini harus melalui seleksi Pemerintah DI Yogyakarta dan bersaing dengan 12 sapi dari peternak lain,” kata pemilik Abimanyu, Siti Kusmiatun pada Rabu, 22 Juni 2022.

Warga Dusun Rejosari, Kuwang, Argomulyo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, itu selama dua tahun terakhir telah merawat sapi tersebut bersama anaknya yang masih duduk di bangku SMP. “Saya membeli sapi ini saat usianya dua tahun,” kata Siti.

Tahapan seleksi untuk dapat lolos menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo, kata Siti, cukup ketat. Mulai dari survei hingga tes kesehatan hewan. “Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan banyak pihak, sapi kami yang dipilih,” kata Siti yang menyebut harga jual sapinya berkisar Rp 80 juta.

Siti menuturkan, sapi yang akan disumbangkan sebagai kurban dari Presiden Jokowi itu akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Ada dua alternatif lokasi penyembelihannya, yakni Istana Gedung Agung Yogyakarta atau Cangkringan.

Siti bersama almarhum suaminya berasal dari keluarga peternak sapi dan berprofesi yang sama. Pada Idul Adha tahun lalu, Siti bisa menjual setidaknya 80 ekor sapi.

“Sekarang di kandang tersisa tiga ekor sapi. Yang satu buat presiden dan dua ekor lainnya belum laku,” ujarnya. (*)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.