Fakta Planet Venus Tidak Bisa Ditinggali Manusia

Editor : Sudianto Pane

Planet Venus
Planet Venus
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Venus merupakan planet terdekat kedua dengan matahari setelah Merkurius. Namanya sendiri diambil dari salah satu nama Dewi Romawi.

Venus dijuluki bintang karena bersinar begitu terang. Selain itu, planet ini ternyata menjadi planet yang menyeramkan karena paling panas di tata surya.

Masih ada beragam fakta lainnya dari planet Venus yang perlu diketahui. Untuk itu, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

.Baca : NASA Mulai Rancang Misi Pengiriman Astronaut ke Mars

1. Planet Terpanas di Tata Surya

Atmosfer yang dimiliki Venus membuatnya menjadi planet yang paling panas di tata surya. Lebih tepatnya, ada kabut tebal yang menciptakan pemanasan global.

Dilansir dari National Geographic, sinar matahari menuju planet Venus ada yang dipantulkan dan ada juga yang diserap. Jadi, energi yang masuk terperangkap oleh atmosfer tebal Venus sehingga menyebabkan suhu permukaannya sangat panas. (lebih dari 471 derajat celcius).

Tak hanya sampai disitu. Berbeda dengan bumi, awan di Venus tidak menurunkan air melainkan asam sulfat yang dapat merusak jaringan kulit.

2. Planet Paling Terang

Venus dikenal sebagai planet yang paling terang di Tata Surya. Maka dari itu, Venus kerap dijuluki bintang kejora, bintang fajar, bintang senja, bintang imur, hingga bintang barat.

Namun, perlu diketahui bahwa itu hanyalah sebatas julukan. Cahaya yang muncul nyatanya bukan berasal dari planet venus sendiri, melainkan juga matahari.

Yang membuatnya sangat terang adalah atmosfer yang dimiliki. Mengutip Destiny, atmosfer planet venus sangat berbeda dari bumi karena sebagian besar tersusun atas gas-gas rumah kaca (gas nitrogen, karbon dioksida, dan sulfur dioksida.).

Nah, adanya gas-gas itulah yang memungkinkan Venus untuk memantulkan kembali sekitar 70 persen cahaya matahari dan menjadikannya planet paling terang.

3. Satu Hari di Venus Lebih Terasa Lama

Tahukah bahwa satu hari di Venus berjalan lebih lama daripada satu tahunnya. Hal tersebut dikarenakan rotasi (berputar pada porosnya) planet ini yang sangat lama.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.