Tak Perlu Panik, Ini Tips Menurunkan Panas pada Anak Secara Alami

Editor: Redaksi

Anak demam, suhu badan panas. (Foto: pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Cara menurunkan panas pada anak secara alami bisa dilakukan para orang tua sebelum menemui dokter. Namun, orang tua perlu memperhatikan beberapa hal sebelum melakukannya.

Demam merupakan respons alami imun tubuh. Jika suhu tubuh Si Kecil naik, itu tandanya sistem kekebalan tubuh anak bekerja dengan baik dalam melawan infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit. Namun, sebagai orang tua, Bunda atau Ayah pasti khawatir jika suhu tubuh Si Kecil mulai panas.

Sambil mengikuti pengobatan dari dokter anak, Bunda dan Ayah juga dapat mempraktekkan cara menurunkan panas pada anak secara alami untuk membantu meredakan suhu tubuh Si Kecil. Beberapa cara menurunkan panas pada anak secara alami yang bisa dilakukan adalah:

1. Minum banyak air

Ketika Si Kecil demam, tubuhnya akan berusaha mendinginkan diri dengan cara berkeringat. Namun, hal ini dapat membuat cairan tubuh berkurang, bahkan hingga dehidrasi. Semakin tinggi suhu tubuh Si Kecil, semakin besar pula risiko terkena dehidrasi.

Untuk mencegah dehidrasi sekaligus menurunkan panas pada anak, orang tua dapat memberikan Si Kecil air minum yang banyak. Tidak hanya air putih, Si Kecil juga bisa diberi jus buah, susu formula, ASI, atau sup.

2. Kompres dingin

Meletakkan kain atau handuk kecil yang sudah dibasahi air dingin di dahi Si Kecil juga bisa menjadi cara menurunkan panas pada anak secara alami. Selain di leher, orang tua juga dapat menaruh kompres dingin di dada, selangkangan, pergelangan tangan, atau ketiak.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.