Teman Kerja yang Toxic Buat Jengkel, Jangan Keburu Resign Ini Cara Menghadapinya

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi. Teman kerja di kantor yang toxic. (Foto: Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Punya rekan kerja yang toxic memang menjengkelkan banget, ya? Ini bisa membuat mood berantakan hingga menurunkan produktivitas kerja. Agar tidak mengganggu pekerjaan, ada beberapa cara bijak nih yang bisa kamu coba untuk menghadapi rekan kerja yang toxic.

Perlakuan toxic dari rekan kerja bisa berupa ucapan atau perbuatan, misalnya meremehkan, menghakimi, tidak menghargai, provokator, menyuruh-nyuruh, bullying, pelecehan, memanfaatkan, dan manipulatif. Selain itu, membuat drama dan gosip juga termasuk ke dalam ciri rekan kerja yang beracun.

Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic

Bekerja dengan rekan yang toxic dapat menyebabkan burnout yang bisa membuat hilangnya semangat bekerja, sulit berkonsentrasi, peforma kerja menurun, hingga akhirnya membenci pekerjaan yang sedang digeluti.

Jika tidak ditangani dengan baik, perlakuan toxic dari rekan kerja dapat memicu seseorang untuk melampiaskan rasa kesalnya pada kebiasaan yang tidak baik, seperti konsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang. Bahkan, kondisi ini berisiko menimbulkan penyakit fisik dan mental, seperti depresi.

Baca juga: 

Nah, agar kamu terhindar dari dampak buruk akibat memiliki rekan kerja yang toxic, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapinya:

1. Tetapkan batasan

Memang agak sulit ya untuk membuat batasan dengan orang di lingkungan yang sama. Tetapi, ini penting dilakukan supaya kamu tidak terlalu dekat dengannya dan terhindar dari perlakukan toxic-nya.

Sebisa mungkin tidak melibatkan diri terlalu dalam di pertemanan mereka. Urusanmu dengannya cukup terkait pekerjaan saja, ya.

2. Kontrol reaksimu

Apa yang dibicarakan atau dilakukan orang yang toxic bisa membuatmu merasa tidak nyaman bahkan kesal. Tetapi, tahan dulu, ya. Jika kamu terbawa emosi, itu hanya akan membuat situasi menjadi sulit bagi dirimu sendiri.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.