Ternyata Kepiting dan Rajungan Itu Berbeda Lho!

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi, kepiting. (Pixabay)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kepiting dan rajungan merupakan dua hewan bercapit yang sekilas memiliki tampilan yang mirip. Akan tetapi kepiting dan rajungan ini berbeda. Lalu apa saja perbedaannya?

Banyak yang mengira kepiting dan rajungan sama. Padahal jika dilihat dengan seksama kedua hewan bercapit ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok, baik itu dari segi habitat, bentuk tubuh hingga warnanya.

Melansir dari tejakula.bulelengkab.go.id, berikut ini perbedaan antara kepiting dan rajungan:

1. Habitat
Perbedaan kepiting dengan rajungan bisa dilihat dari habitatnya. Kalau kepiting bisa hidup di darat maupun di air. Sedangkan rajungan tidak dapat hidup tanpa air, rajungan hanya bisa hidup di air laut.

2. Bentuk tubuh
Jika dilihat sekilas, kepiting dan rajungan memang tampak serupa. Namun jika diperhatikan dengan seksama, kepiting memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat dan tebal. Sedangkan rajungan tubuhnya cenderung lebih ramping.

3. Daging
Umumnya daging kepiting lebih banyak dan lebih tebal daripada rajungan. Namun, rajungan yang berukuran besar dan bercangkang keras memiliki daging yang tebal. Kepiting memiliki rasa daging yang cenderung lebih manis dibanding rajungan. Selain itu, daging kepiting relatif lebih lembut karena kadar lemaknya lebih tinggi.

4. Gizi
Kandungan gizi kepiting dan rajungan tidak jauh berbeda. Kedua hewan bercapit ini memiliki kandungan vitamin B, vitamin E, zinc, yodium, fosfor, dan mangan. Namun jika dibandingkan, kandungan gizi di dalam rajungan terbilang lebih banyak ketimbang kepiting. Kadar protein di dalam rajungan terbilang lebih tinggi. Rajungan juga rendah lemak dan kolesterol.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.