Dilaporkan Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Wilayah TN Komodo Labuan Bajo

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Sebuah kapal wisata dilaporkan tenggelam di perairan dalam wilayah Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (28/6) pagi.

“Saat ini sedang dilakukan evakuasi,” kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Labuan Bajo Hasan Sadili seperti dikutip dari Antara.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, kapal wisata bernama Tiana memuat delapan orang penumpang yang hendak berlayar dalam kawasan TN Komodo. Seorang wisatawan dikabarkan meninggal dunia, dan satu korban lain sedang dalam pencarian.

Namun, saat dikonfirmasi, Hasan belum bisa memberikan keterangan detail terkait dengan kejadian kapal tenggelam tersebut.

“Detailnya belum karena masih crowded,” kata dia.

Ahli Ungkap Aktivitas Kapal Wisatawan Ilegal di Perairan TN Komodo

Dalam kabar terpisah, sebelumnya Tim Ahli Kajian Daya Dukung Daya Tampung Berbasis Jasa Ekosistem di Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Kawasan Perairan di Sekitarnya Irman Firmansyah mengatakan banyak ditemukan aktivitas kapal wisatawan ilegal di perairan Taman Nasional Komodo.

Ia menambahkan, kapal-kapal itu datang hanya untuk bersinggah tanpa memberikan kontribusi terhadap pelaku wisata di Pulau Komodo.

“Kapal-kapal dari Bali, Australia, itu hanya singgah melihat ke Pulau Padar, Pulau Komodo, tidak banyak memberikan nilai manfaat ke wilayah,” kata Irman di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (27/6).

Menurutnya, hal itu berpotensi merugikan TN Komodo baik dari segi ekonomi maupun lingkungan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.