Friday, March 29, 2024
HomeLainnyaPerlu Tahu! Ini Alasan Parkir Mobil dengan Kondisi Ban Depan Lurus

Perlu Tahu! Ini Alasan Parkir Mobil dengan Kondisi Ban Depan Lurus

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Sebagian pemilik mobil tidak tahu memarkir mobil dengan kondisi ban depan tidak lurus akan merusak komponen power steering. Jadi jangan mengira parkir mobil dengan posisi setir lurus cuma untuk alasan estetika.

Ban yang diposisikan dengan benar bisa memperpanjang usia power steering model hidraulis.

Alasannya, power steering hidraulis bekerja memakai cairan minyak atau oli yang menghasilkan tekanan pada rack steer. Tekanan ini yang berfungsi meringankan beban kerja tangan ketika memutar setir untuk membelokkan ke roda depan.

Saat ban sedang dibelokkan pada satu sisi, maka tumpuan beban tekanan oli power steering akan berada pada salah satu bagian. Ketika kondisi mesin mati, oli akan terus tertekan dan tidak bersirkulasi.

Efek buruk

Untuk efek jangka panjang parkir tidak meluruskan setir yakni seal dan jalur oli tidak akan bisa lagi menahan beban dan sewaktu-waktu bisa jebol.

Saat oli power steering bocor, setir akan terasa lebih berat ketika dibelokkan. Tapi, gejala itu tidak ditemukan pada mobil yang sudah dilengkapi dengan electric power steering (EPS).

Kenapa?

Karena EPS mengandalkan motor elektrik untuk memberi tekanan pada rack steer. Tak seperti power steering hidraulis yang mengandalkan oli, motor elektrik pada EPS mendapat tenaga listrik dari perintah ECU yang bekerja mengikuti putaran mesin.

Parkir dengan posisi ban lurus atau miring juga disebut tidak berpengaruh pada mobil dengan EPS.

Sebab, saat mesin mati, tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau perangkat elektrikal lainnya.

Ini artinya, walaupun parkir dalam keadaan ban berbelok, motor elektrik pada sistem EPS tidak mendapat asupan energi listrik. Hal inilah yang membuatnya tidak terbebani, seperti halnya pada power steering jenis hidraulis, mengutip situs resmi Suzuki Indonesia.

Sumber: cnnindonesia.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER