Syarat dan Cara Agar Akun Instagram Anda Bisa Bertanda Centang Biru

Editor: Redaksi

Foto ilustrasi. Instagram.
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Instagram verifikasi disebut juga sebagai tanda centang biru yang ada di Instagram untuk memastikan bahwa publik bisa menemukan akun tersebut dengan benar pada saat mencari influencer atau selebritas tertentu.

Sementara akun terverifikasi tersebut diperuntukkan the real deal dan bukan akun penggemar, akun palsu, akun penghormatan maupun orang biasa yang tidak memiliki pengaruh tertentu. Hal ini diyakini simbol bisa membuat akun seseorang bisa menjadi lebih unggul dibandingkan akun yang lainnya.

Apa Itu Instagram Verifikasi?

Di halaman Instagram, akun verifikasi merupakan sebuah tanda centang terverifikasi yang akan muncul pada sebelah nama akun Instagram pada pencarian maupun profile. Hal ini berarti bahwa Instagram sudah mengkonfirmasi keotentikkan dari figur public, merk, maupun selebriti.

Sementara Instagram tidak akan memberikan centang biru tersebut sebagai pendukung merek kebutuhan endorse maupun campaign tertentu. Perlu diketahui juga bahwa tentang biru yang terverifikasi menjadi alat supaya dapat membantu orang dalam menemukan akun asli.

Termasuk dari suatu merek maupun tokoh. Akan tetapi verifikasi bukan menjadi simbol sebagai petunjuk otoritas kepentingan maupun keahlian tertentu.

Manfaat Akun Instagram Terverifikasi

Manfaat yang bisa Kamu peroleh apabila sudah memiliki Instagram yang terverifikasi tidak hanya untuk memastikan bahwa keaslian pada suatu akun saja. Akan tetapi masih ada manfaat lain yang bisa Kamu rasakan, di antaranya seperti berikut:

1.Meningkatkan Brand Awarenes

Manfaat yang pertama, Instagram verifikasi tidak hanya bisa dirasakan oleh perorangan. Akan tetapi pada suatu perusahaan dan bisnis juga dapat memperoleh verifikasi tersebut. Terlebih lagi karena semakin banyaknya bisnis jual beli online yang ada di sekitar masyarakat.

Sosial media seperti Instagram dapat dengan mudah membantu pelanggan untuk mencari maupun menemukan merek yang Kamu miliki dan dapat secara langsung terhubung. Hal ini tidak hanya dijadikan sebagai ajang promosi merek saja.

Melainkan juga dapat dijadikan sebagai sarana bagaimana penggunanya dan dapat menggambarkan sebuah merek yang dimiliki kepada publik. Alasan inilah yang membuat para masyarakat lebih mengenal merek Kamu dengan mudah.

2.Meningkatkan Eksistensi Pemilik Akun

Keberadaan dari tanda centang biru ini dapat dijadikan sebagai simbol status dalam meningkatkan akun dan pemiliknya. Oleh sebab itu tanda konfirmasi sering kali membuat goal agar bisa meningkatkan akun dari Instagram pemilik akun akan lebih terlihat dibandingkan dengan orang lain.

Hal ini bisa dirasakan ketika Kamu mengunggah foto di pencarian atau pada saat meninggalkan komentar yang ada di akun lain. Sementara centang biru inilah yang nantinya akan tetap muncul.

Syarat Melakukan Verifikasi Instagram

Seringkali orang menganggap bahwa syarat untuk membuat Instagram terverifikasi yaitu dengan mempunyai jumlah pengikut maupun follower. Namun akun yang mempunyai jutaan pengikut pun belum pasti bisa memperoleh tanda ini.

Mengingat bahwa ada beberapa persyaratan lain yang sebaiknya diperhatikan dan Kamu penuhi agar bisa memperoleh verifikasi dari Instagram. Berikut ini syarat yang ditetapkan, di antaranya:

1.Terkenal

Kamu harus memiliki akun yang terkenal, artinya Kamu dapat mewakili orang entitas yang dikenal merk atau brand yang paling banyak dicari oleh masyarakat umum. Nantinya pihak Instagram akan melakukan pengecekan hal tersebut berbagai sumber berita yang lainnya.

Contohnya, apakah pemilik akun tersebut benar-benar dikenal oleh masyarakat luas atau tidak. Lalu seberapa terkenalnya brand atau akun yang Kamu miliki, apakah sangat subjektif, peringkat ke popularitas akun, dan apakah mempunyai kriteria secara khusus yang terbuka bagi umum.

Selain itu Instagram juga akan melihat dari data lengkap syarat. Selanjutnya Instagram akan melakukan pengecekan akun yang sekiranya mempunyai data lengkap. Artinya bahwa Kamu diwajibkan untuk melengkapi akun Instagram dengan biografi yang unik.

Hal ini bisa dilakukan dengan menjelaskan tentang diri Kamu, foto profil jelas, memiliki satu post di dalam akun minimal. Namun tidak sampai di situ saja, pihak dari Instagram juga tidak diperbolehkan untuk mencantumkan link social media yang lainnya.

Setelah itu akun tersebut juga harus bersifat public. Sehingga tidak boleh digembok atau di private agar semua orang bisa melihatnya.

2.Otentik

Syarat selanjutnya untuk akun Instagram verifikasi yaitu harus asli atau otentik. Hal ini berarti bahwa akun tersebut bukan tiruan dari merk atau karakter tertentu. Tidak hanya itu saja, feed atau konten postingan juga hasil dari karya Kamu sendiri.

Sehingga tidak diperbolehkan jika Kamu mengunggah karya orang lain. Hal inilah yang memungkinkan bahwa Instagram melakukan verifikasi keaslian akun untuk menghindari tindakan kejahatan penipuan atau yang lainnya dari akun palsu.

3.Unik

Syarat yang terakhir yaitu keunikan dari sebuah akun. Keunikan inilah yang bisa membedakan antara akun yang Kamu miliki dengan akun Instagram yang lainnya. Tidak hanya itu saja, ternyata keunikan dari akun juga menjadi salah satu ciri khas pemiliknya atau perusahaan yang ada di Instagram.

Pihak dari Instagram itu sendiri tidak akan mereview akun-akun yang memiliki kepentingan publik. Seperti foto atau gambar yang diedit, akun yang hanya berisi hiburan atau meme dan bukan selebriti atau bukan perusahaan.

Cara Membuat Akun Verifikasi

Apabila Instagram yang Kamu miliki tersebut sudah memenuhi 4 persyaratan yang ada di atas, kini saatnya Kamu dapat segera memulai pendaftaran akun Verifikasi Instagram secara gratis. Untuk pendaftaran ini bisa Kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi iPhone atau Android.

Tapi sekarang ini, sudah ada jasa buy Instagram verification agar pengajuan verified account lebih mudah, tanpa harus melengkapi syarat-syarat di atas.

Jika Kamu tidak mengetahui bagaimana langkahnya, maka silahkan simak penjelasan berikut ini:

1.Mengubah Akun

Cara yang Pertama, Kamu dapat mengubah akun Instagram agar menjadi Instagram for bisnis. Ini langkah awal untuk dapat memperoleh Verifikasi Instagram supaya lebih membuat pihak Instagram yakin dan membuat pengikut Kamu menganggap Kamu sebagai sosok yang profesional.

Jika akun Instagram Kamu belum diubah ke Instagram for bisnis, maka Kamu tidak dapat memulai proses pendaftaran.

2.Mengikuti Aturan Instagram

Ingat, Kamu harus mengikuti semua aturan yang telah dibuat oleh Instagram. Instagram tidak akan memberikan tanda verifikasi di akun yang tidak mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan. Kamu dapat melakukan pengecekan aturan apa saja yang diberlakukan.

Melalui halaman Instagram Community guidelines, ada beberapa contoh syarat yang diberlakukan. Misalnya mengunggah foto asli yang benar-benar Kamu buat sendiri, kemudian mencantumkan kredit lalu mengantongi izin, apabila berkeinginan untuk mengunggah ulang foto dari orang lain.

3.Mengajukan Permohonan Verifikasi

Kamu dapat mengajukan permohonan verifikasi ketika Kamu sudah melihat pilihan tersebut yang ada di menu setting. Pengajuan atau request tersebut bertujuan supaya Kamu dapat memperoleh Instagram verifikasi. Langkah-langkahnya sangatlah mudah, yaitu :

a) Kamu dapat membuka menu setting.

b) Lalu pilihlah request verification.

c) Nantinya muncul form yang harus Kamu isi seperti nama pengguna, nama lengkap, nama panggung atau known as, maupun kategori. Untuk known as ini merupakan nama Kamu yang lebih dikenal oleh follower atau masyarakat. Contohnya seperti selebgram, artis, penyanyi maupun yang lainnya.

d) Sementara kategori, silahkan pilih kategori sosok yang Kamu inginkan agar bisa mewakili akun yang Kamu miliki tersebut.

e) Jika sudah diisi, selanjutnya Kamu diminta untuk mengubah foto sebagai tanda pengenal akun yang dimiliki oleh perseorangan bisa melampirkan KTP atau paspor. Sementara akun bisnis atau perusahaan dapat melampirkan dokumen resmi bisnis.

f) Pastikan terlebih dahulu bahwa seluruh data lengkap dan terisi benar. Untuk pengisian data ini tidak boleh direkayasa. Artinya bahwa Kamu harus mengisinya dengan jujur.

g) Langkah selanjutnya Kamu dapat mengklik tombol kirim dan tunggulah balasan dari pihak Instagram.

h) Instagram melakukan proses peninjauan jika Kamu sudah melakukan permohonan tersebut. Mereka melakukan pengecekan sesuai dengan syarat yang sudah ditetapkan.

Berdasarkan dari informasi yang ada di lapangan, pada biasanya Instagram tidak banyak memakan waktu lama, kisaran 1 minggu. Jika pengajuan Instagram verifikasi ditolak, maka Kamu dapat mengajukan kembali setelah 30 hari. Tapi sekarang ini, sudah ada jasa buy Instagram verification agar pengajuan verified account lebih mudah, tanpa harus melengkapi syarat-syarat di atas. (*)

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.