Sunday, May 19, 2024
HomeLainnyaMobile Legends dan PUBG Mobile Terancam Diblokir Kominfo Karena Belum Daftar PSE

Mobile Legends dan PUBG Mobile Terancam Diblokir Kominfo Karena Belum Daftar PSE

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengatakan akan memblokir platform dan game, yang belum daftar Penyelenggara Sistem Elekronik (PSE). Beberapa nama besar yang terancam, yakni Mobile Legends dan PUBG Mobile, sedangkan Free Fire aman.

Dari situs resmi PSE Kominfo, Kamis (30/6/2022), dua game populer besutan Moonton dan Tencent tersebut, tidak ada di daftar PSE Domestik maupun Asing. Sedangkan Garena Indonesia sendiri sudah aman, karena mulai dari Free Fire, Arena of Valor dan Call of Duty: Mobile telah terdaftar PSE.

Selain Mobile Legends dan PUBG Mobile, beberapa judul lainnya juga tidak terlihat. Nama-nama kondang seperti Genshin Impact, League of Legends: Wild Rift, Apex Legends Mobile, Roblox, Among Us, Lokapala dan masih banyak lagi, masih menjadi misteri mengapa belum daftar PSE.

Padahal, Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, menyampaikan untuk melakukan pendaftaran tidaklah sulit, dan dapat dilakukan secara online. Kemudahan itu yang seharusnya tidak menjadi hambatan bagi PSE untuk daftar.

“Toh persyaratannya sama, kecuali dibedakan. Jadi, 20 Juli 2022 itu batas akhir, habis 21 Juli (kalau tidak daftar maka diblokir),” tegasnya.

Menurut Menkominfo Johnny G Plate sendiri, PSE lokal maupun domestik harus melakukan pendaftaran, seperti diamanatkan oleh Undang-Undang. Dirinya tidak menginginkan, terjadi atau adanya kealpaan dalam hal ini.

Sekedar informasi, bahwa tenggat waktu pendaftaran PSE sendiri telah beberapa kali diundur. Hingga akhirnya, melalui surat edaran Menteri Kominfo No 3 Tahun 2022 yang ditandatangani pada 14 Juni 2022, menetapkan batas waktu hanya sampai 20 Juli 2022.

Batas waktu tersebut, sesuai dengan dua peraturan perundangan. Pertama, Pasal 6 Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2019, tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.

Kemudian yang kedua, Pasal 47 Peraturan Menkominfo No 5 Tahun 2020, tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat dan perubahannya, melalui Peraturan Menkominfo No 10 Tahun 2021. Hingga saat ini, sudah ada 4.721 PSE yang terdaftar ke Kominfo.

Dari data tersebut, 4.640 merupakan PSE lokal dan 81 merupakan kategori PSE asing. Adapula lebih dari 2 ribu PSE, diminta daftar ulang, karena ada perubahan data-data yang harus dilengkapi.

Terkait dengan hal ini, detikINET sudah meminta keterangan dari pihak Mobile Legends dan PUBG Mobile. Menurut mereka, pihaknya akan melakukan pendaftaran PSE. (*)

Sumber: detik.com

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER