Mobile Legends dan PUBG Mobile Terancam Diblokir Kominfo Karena Belum Daftar PSE

Editor: Redaksi

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), mengatakan akan memblokir platform dan game, yang belum daftar Penyelenggara Sistem Elekronik (PSE). Beberapa nama besar yang terancam, yakni Mobile Legends dan PUBG Mobile, sedangkan Free Fire aman.

Dari situs resmi PSE Kominfo, Kamis (30/6/2022), dua game populer besutan Moonton dan Tencent tersebut, tidak ada di daftar PSE Domestik maupun Asing. Sedangkan Garena Indonesia sendiri sudah aman, karena mulai dari Free Fire, Arena of Valor dan Call of Duty: Mobile telah terdaftar PSE.

Selain Mobile Legends dan PUBG Mobile, beberapa judul lainnya juga tidak terlihat. Nama-nama kondang seperti Genshin Impact, League of Legends: Wild Rift, Apex Legends Mobile, Roblox, Among Us, Lokapala dan masih banyak lagi, masih menjadi misteri mengapa belum daftar PSE.

Padahal, Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kementerian Kominfo, menyampaikan untuk melakukan pendaftaran tidaklah sulit, dan dapat dilakukan secara online. Kemudahan itu yang seharusnya tidak menjadi hambatan bagi PSE untuk daftar.

“Toh persyaratannya sama, kecuali dibedakan. Jadi, 20 Juli 2022 itu batas akhir, habis 21 Juli (kalau tidak daftar maka diblokir),” tegasnya.

Menurut Menkominfo Johnny G Plate sendiri, PSE lokal maupun domestik harus melakukan pendaftaran, seperti diamanatkan oleh Undang-Undang. Dirinya tidak menginginkan, terjadi atau adanya kealpaan dalam hal ini.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.