Strategi Membangun Rasa Percaya Diri yang Tak Tergoyahkan

Kata seperti Marilyn Monroe: "Ingin menjadi orang lain adalah menyia-nyiakan diri Anda."

Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Ingat Remi? Tikus kecil menjadi juru masak gourmet dari film Ratatouille? Terlepas dari keadaannya, Remy tidak membiarkan apa pun menghentikannya untuk mengejar mimpinya yang tampaknya mustahil untuk menjadi koki hebat. (Tonton filmnya di SINI)

Bukankah luar biasa memiliki rasa percaya diri yang diwujudkan dalam karakter kecil itu? Kabar baiknya adalah bahwa kepercayaan diri dapat dikembangkan dari waktu ke waktu.

Tetapi untuk membangunnya Anda harus berlatih. Setelah Anda memahami cara mengembangkannya, Anda dapat meningkatkan karier dan aspek lain dalam hidup Anda.

Untuk benar-benar membangun fondasi kepercayaan diri, dibutuhkan lebih dari sekadar “berpakaian untuk sukses” atau “berpura-pura sampai Anda berhasil.” Anda perlu menggali lebih dalam dan mengambil langkah-langkah positif dan disengaja.

Dengan berinvestasi dalam lima strategi ini, Anda tidak hanya akan dapat membangun kepercayaan diri yang tak tergoyahkan, tetapi juga mempertahankannya dari waktu ke waktu.

1. Taklukkan kritik batin Anda

Anda tahu suara kecil di kepala Anda yang mengatakan hal-hal seperti, “Saya tidak memenuhi syarat untuk pekerjaan itu, apa gunanya wawancara untuk itu,” atau “Saya terus-menerus dilewatkan untuk promosi, pasti ada yang salah dengan saya.”

Pikiran-pikiran yang mengganggu yang memberitahu Anda bahwa Anda tidak cukup baik datang dari kritik batin Anda (atau suara hati yang kritis). Lisa Firestone, Ph.D., penulis Conquer Your Critical Inner Voice, menyarankan mengikuti proses 4 langkah ini untuk menaklukkan kritik batin Anda:

1) Cobalah untuk mengidentifikasi apa yang dikatakan oleh suara hati kritis Anda kepada Anda. Akui bahwa proses berpikir ini terpisah dari sudut pandang Anda yang sebenarnya.

2) Tuliskan pemikiran ini dalam orang kedua (sebagai pernyataan “Anda”). Misalnya, pemikiran seperti “Saya tidak bisa melakukan apa pun dengan benar. Saya tidak akan pernah berhasil” harus ditulis sebagai “Anda tidak bisa melakukan sesuatu dengan benar. Anda tidak akan pernah berhasil.” Ini akan membantu Anda melihat ide-ide ini sebagai sudut pandang luar dan bukan sebagai pernyataan yang benar.

3) Tanggapi kritik batin Anda dengan menuliskan evaluasi diri Anda yang lebih realistis dan penuh kasih. Tulis tanggapan ini sebagai orang pertama (sebagai pernyataan “saya”). Sebagai tanggapan atas pemikiran seperti, “Kamu benar-benar idiot,” Anda dapat menulis, “Saya terkadang kesulitan, tetapi saya pintar dan kompeten dalam banyak hal.”

4) Ingatlah untuk tidak bertindak berdasarkan arahan kritikus batin Anda. Ambil tindakan yang mewakili sudut pandang Anda sendiri, ingin menjadi siapa, dan apa yang ingin Anda capai.

2. Renungkan pencapaian

Mengingat peristiwa di mana Anda merasa bangga atau diakui dapat membantu memperkuat kepercayaan diri. Jenis pemikiran ini juga dapat bertindak sebagai lawan alami bagi kritikus batin.

Pikirkan tentang hidup Anda dan buat daftar sepuluh hal terbaik yang telah Anda capai. Mungkin Anda berbicara lima bahasa, lulus pertama di kelas sekolah menengah Anda, atau mendaki rute The Nose di El Capitan Yosemite dalam waktu singkat.

Itu tidak perlu menjadi peristiwa besar—mungkin saat Anda diakui karena membantu teman atau mengatasi rasa takut.

Letakkan daftar ini di suatu tempat di mana Anda dapat sering melihatnya. Kemudian luangkan beberapa menit setiap hari untuk merenungkan kesuksesan yang sudah Anda miliki.

Biarkan kenangan ini membuat Anda merasa baik dan mengingatkan Anda siapa Anda sebenarnya.

Sebagai penulis buku terlaris dan pembicara motivasi Denis Waitley menegaskan, “Untuk membangun kepercayaan diri yang sejati, kita harus berkonsentrasi pada kesuksesan kita dan melupakan kegagalan dan hal negatif dalam hidup kita.”

3. Pertahankan postur yang baik

Menurut penelitian yang dilakukan di Ohio State University, duduk tegak tidak hanya baik untuk postur Anda. Ini juga memberi Anda lebih percaya diri dalam pikiran Anda.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.