Monday, May 20, 2024
HomeHealthIni Manfaat Umum Minum Air Putih di Pagi Hari

Ini Manfaat Umum Minum Air Putih di Pagi Hari

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Minum air putih di pagi hari dan saat perut kosong adalah cara terbaik untuk memulai hari Anda. Air adalah nutrisi penting, yang berarti tubuh Anda tidak dapat mencukupi kebutuhannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Sebab itu, Anda harus mendapatkannya melalui sumber eksternal yaitu menghidrasi makanan dan minuman agar tetap sehat.

“Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri dari air, sedikit berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat hidrasi,” kata Casey Kelley, pendiri dan direktur medis Case Integrative Health. Tubuh juga membutuhkan air untuk melumasi sendi, mengatur suhu tubuh, mengangkut nutrisi, dan mengeluarkan limbah melalui urin dan keringat.”

Namun, tubuh Anda secara alami kehilangan air setiap hari melalui proses normal seperti buang air kecil, berkeringat, dan bahkan menghembuskan napas, menurut William W. Li, dokter dan penulis Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself. Beberapa faktor—seperti olahraga, cuaca panas, atau obat-obatan tertentu—dapat membuat Anda kehilangan cairan lebih cepat. Tetapi terlepas dari kebutuhan air spesifik Anda, satu hal yang pasti Anda perlu minum air setiap hari.

Saat Anda tidur, tidak mungkin untuk menyimpan air minum, dan tubuh Anda akan terus menggunakan—dan kehilangan—cairan sepanjang malam tanpa menerima isi ulang. Dalam hal itu, minum air putih saat pertama kali bangun di pagi hari tentu bisa memberikan beberapa manfaat yang menyehatkan. Meskipun kebiasaan ini tentu sehat, itu bukan faktor penentu hidrasi dan kesehatan yang baik.

“Aspek kesehatan dari tetap terhidrasi diukur sepanjang hari, daripada waktu Anda minum air atau urutan minum air sehubungan dengan sarapan atau makanan lainnya,” ujar Dr. Li, seperti dilansir dari laman Real Simple. Dengan kata lain, minum air putih saat pertama kali bangun dan sebelum makan memang bagus, tapi tidak ada salahnya juga untuk menunggu.

Jika Anda ingin mulai mencoba hidrasi pagi hari, berikut adalah beberapa manfaat kesehatan umum air putih

1. Minum air putih rehidrasi tubuh setelah tidur

Karena Anda tidak dapat menyesap saat Anda tertidur, tubuh Anda secara alami dalam keadaan dehidrasi di pagi hari, kata Dr. Kelley. Jadi, minum air saat bangun tidur bisa membantu, dan Anda mungkin akan merasa sedikit haus saat alarm berbunyi. “Minum air saat bangun akan mengisi kembali cairan yang hilang, termasuk [cairan] yang mungkin hilang di malam hari,” Dr. Li menegaskan. Ini terutama benar jika Anda tidur dengan mulut terbuka atau di ruangan yang hangat, dan terlebih lagi jika Anda minum alkohol (diuretik alami) malam sebelumnya, tambahnya.

2. Minum air putih meningkatkan tingkat energi 

Menurut Dr. Kelley, banyak orang menemukan bahwa memulai hari mereka dengan minum air dingin membantu membangunkan mereka. Bagaimanapun, dehidrasi (yang, sekali lagi, terjadi secara alami saat Anda tidur) dapat membuat Anda lelah dan pusing, menurut National Library of Medicine. Mengisi ulang dengan segelas air di pagi hari dapat membantu mencegah hal ini dengan mendorong proses rehidrasi, memastikan jaringan dan organ Anda mendapatkan cairan yang mereka butuhkan secepatnya.

3. Minum air putih meningkatkan kinerja mental

Demikian pula, ini dapat membantu memaksimalkan ketajaman mental dan produktivitas Anda sepanjang hari. Menurut Dr. Kelley, dehidrasi juga terkait dengan kabut otak dan sakit kepala—jadi minum segelas air adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kinerja mental. “Bahkan dehidrasi ringan terkait dengan beberapa kehilangan memori jangka pendek dan konsentrasi, jadi jika Anda ingin tetap di atas permainan Anda, minum segelas air,” katanya.

4. Minum air putih merangsang metabolisme

Tidak peduli waktu, air minum dapat membuat metabolisme Anda berjalan. “Secara khusus, air dingin memicu tubuh Anda untuk mengaktifkan mekanisme yang disebut thermogenesis yang diaktifkan dingin,” kata Dr. Li. “Ini berarti tubuh Anda menghangatkan air dengan mengaktifkan metabolisme Anda, sebanyak 30 persen, selama sekitar satu jam.” Tetapi karena thermogenesis yang diinduksi dingin tidak spesifik waktu, Anda tidak perlu melakukannya sebelum makan di pagi hari — meskipun itu tentu saja merupakan pilihan jika Anda ingin memulai metabolisme Anda segera setelah Anda bangun.

5. Minum air putih membantu pencernaan

Menurut Dr. Kelley, air minum sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Misalnya, tetap terhidrasi sangat membantu untuk mengurangi sembelit, efek samping umum dari dehidrasi. “Air hangat [khususnya] berpotensi memecah makanan yang Anda makan lebih cepat daripada air dingin,” katanya. Oleh karena itu, jika Anda rentan terhadap sembelit, minum air putih saat bangun tidur dapat memulai proses rehidrasi dan membuat segalanya bergerak secepatnya.

6. Minum air putih mengekang rasa lapar

Jika Anda bukan orang yang suka sarapan besar, jika Anda tidak punya waktu untuk makan, atau Anda masih merasa lapar akan junk food setelah sarapan, menyeruput air terlebih dahulu di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu. Sebagai catatan studi 2018, minum air putih sepanjang pagi dapat meredam rasa lapar, berpotensi meredakan perut keroncongan hingga bisa makan (tentu saja, jika perlu makan, makanlah!). “Sangat umum untuk mengacaukan rasa haus dengan rasa lapar, jadi tetap terhidrasi dapat mengurangi keinginan Anda untuk ngemil atau makan berlebihan [ketika Anda tidak benar-benar lapar],” kata Dr. Kelley. (*)

 

Sumber: tempo.co

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER