Fatwa MUI Sulsel Terkait Uang Panai: Boleh, Asal Tidak Persulit Mempelai Pria

Editor : Sudianto Pane

Draf fatwa MUI terkait uang panai. (Foto: dok. Istimewa)
Draf fatwa MUI terkait uang panai. (Foto: dok. Istimewa)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeluarkan fatwa uang panai hukumnya mubah atau diperbolehkan. Hanya, uang panai tidak boleh mempersulit atau memberatkan pihak pria yang akan mempersunting wanita.

“Yang penting kesepakatan kedua belah pihak. Dalam istilah agama, dua-duanya rela. Tapi jangan memberatkan dan jangan menyulitkan,” kata Ketua MUI Sulsel Prof Najamuddin dikutip dari detikSulsel, Sabtu (2/7/2022).

.Baca : Sebanyak 46 WNI Calon Haji Pulang usai Ditolak Arab Saudi

Najamuddin menambahkan, meskipun MUI memperbolehkan, uang panai tidak diatur batas minimal dan maksimal nominalnya. Besaran uang panai tergantung kesepakatan kedua belah pihak yang akan melangsungkan prosesi pernikahan.

“Jadi pada dasarnya uang panai boleh-boleh saja. Yang intinya, yaitu ada kesepakatan antar kedua belah pihak (pihak laki-laki dan perempuan). Kalau menyepakati tidak ada masalah,” tuturnya.

Fatwa MUI Sulsel ini diharapkan menjadi pedoman. Sehingga bisa menambah pemahaman masyarakat. Termasuk menekan dampak negatif uang panai yang menyebabkan pernikahan batal.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.