Bentuk Kepedulian Masyarakat Indonesia

Sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Rabu 29 Juni 2022. Jokowi menyampaikan bahwa kunjungannya merupakan bentuk kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

“Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” kata Jokowi Presiden Jokowi saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Zelenskyy selepas pertemuan.

Dia menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Kendati masih sangat sulit dicapai, Jokowi juga tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

Jokowi pun menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelenskyy untuk Presiden Rusia Vladimir Putin. Pasalnya, Jokowi akan berkunjung ke Rusia usai dari Ukraina.

“Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera,” ujarnya.

.Baca : Ini 5 Hasil Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Putin di Moskow

Keseriusan RI Jaga Perdamaian Dunia

Presiden Jokowi telah menemui Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodimyr Zelensky untuk misi perdamaian kedua negara. Kunjungan ke negara konflik tersebut merupakan bukti diplomasi nyata dari Jokowi.

“Upaya Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin Indonesia yang merupakan chair G20 tahun ini, adalah bentuk diplomasi nyata untuk mendorong perdamaian di Ukraina,” kata pengamat hubungan internasional Fitriani, Jumat (1/7/2022).

Fitriani juga menilai, kunjungan ini sebagai upaya Jokowi menunjukkan ke negara-negara G7 bahwa Indonesia menanggapi serius serangan Rusia ke Ukraina. Sebagai pemimpin forum G20, Indonesia berada dalam posisi strategis untuk mendamaikan Ukraina-Rusia. Selain itu, Indonesia juga punya hubungan yang baik dengan Ukraina dan Rusia.

“Ada ekspektasi yang besar di bahu Presiden Jokowi bahwa kunjungannya ke Ukraina dan Rusia sebagai “juru damai” dan dapat membuat perubahan berarti,” ujar Fitriani.(*)

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK SENIN 4 JULI 2022: Virgo Mempunyai Ide yang Pasti, Aquarius menemukan Ketenangan, Gemini Berpikir dengan Jelas, Aries Menghabiskan Waktu Bersama

.Baca : RAMALAN ZODIAK CINTA BESOK MINGGU 3 JULI 2022: Libra Bersikap Dingin dan Terbuka, Sagitarius Sangat Sportif, Virgo Saling Memahami dengan Baik, Aries Menyadari Nilai dari Hubungan

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.