Idul Adha Sebaiknya Jangan Pakai Plastik Kresek Hitam: Waspadai Bahayanya

Editor: Redaksi

Ilustrasi kantong kresek hitam. (ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Idul kurban atau Idul Adha tahun 2022 segera tiba. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat akan membagikan daging kurban menggunakan kantong plastik kresek.

Warna plastik banyak warna bisa dipilih, tapi warna hitam paling banyak digunakan.

Kini masalah kantong kresek warna hitam banyak menjadi bahan penelitian. Dari analisa ditengarai penggunaan kantong kresek hitam kurang memenuhi standar kesehatan.

Penggunaan plastik memang telah menjadi isu nasional, bahkan internasional. Pemerintah sendiri telah melarang penggunaan kresek atau kantong plastik yang tidak terstrandarisasi untuk digunakan pada makanan.

Hal ini setidaknya telah diberlakukan untuk wilayah DKI Jakarta yang melarang penggunaan plastik sebagai wadah daging kurban.

Apa alasan krantong kresek hitam dilarang? Pertama memang karena food grade tadi. Banyak plastik yang beredar, yang kresek hitam itu, bukan food grade.

“Artinya kalau dia kontak dengan makanan maka komponen dari plastik itu pun, yang digunakan untuk membuat plastik akan terlucuti dan masuk ke dalam makanan,” tutur ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Purwiyatno Hariyadi dikutip dari detikHealth.

Suatu bahan dianggap food grade apabila tidak memindahkan zat-zat berbahaya dari bahan tersebut ke dalam makanan yang akan dikonsumsi.

Dengan demikian makanan terlindungi teksturnya. Lebih penting lagi, tidak membahayakan kesehatan.

Kantong plastik kresek berwarna hitam kebanyakan merupakan produk daur ulang yang penggunaan sebelumnya seringkali tidak diketahui. Bisa jadi dari wadah pestisida, limbah, logam berat, dan sebagainya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.