Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Saat Berpelukan dengan Orang Tersayang

Editor: Redaksi

Ramalan Zodiak CInta. (ist)
Ramalan Zodiak CInta. (ist)
Want create site? With Free visual composer you can do it easy.

SURYAKEPRI.COM – Banyak pakar kesehatan menyatakan,  berpelukan dengan seseorang yang kita sayangi biasanya muncul rasa tenang dan damai dalam hati.

Ternyata, berpelukan bukan sekadar sentuhan fisik belaka. Ada banyak manfaat kesehatan dibalik aktivitas ini.

Menurut para ahli, manfaat berpelukan melampaui perasaan hangat yang kita dapatkan ketika kita menggandeng lengan seseorang.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat kesehatan berpelukan:

1. Mengurangi stres

Saat ada saudara atau orang terdekat kita mengalami suatu masalah, coba beri mereka pelukan. Menurut para ahli, pelukan menunjukan dukungan kepada orang lain melalui sentuhan dan dapat mengurangi stres orang yang kita peluk.

Riset 2014 yang dilakukan oleh peneliti dari Carnegie Mellon University, Pittsburgh, membuktikan bahwa pelukan bisa menghambat datangnya stres.

Menurut peneliti, manfaat itu terjadi karena saat berpelukan kita merasakan tingkat dukungan sosial yang lebih besar.

Hal inilah yang sangat membantu kita dalam melewati masa-masa stres.

2. Memberi efek menenangkan

Riset 2018 yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One membuktikan, pelukan bisa memberi efek menenangkan yang terasa hingga sepanjang hari bahkan ketika kita mengalami konflik di hari yang sama.

Dalam riset tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa orang-orang yang mendapatkan pelukan tidak terlalu terpengaruh oleh konflik yang terjadi daripada orang-orang yang tidak mendapatkan pelukan.

Menurut Micahel Murphy, selaku pemimpin riset, hal tersebut terjadi karena sentuhan dapat menonaktikan bagian otak yang merespona ancaman.

” Pelukan juga meminimalisir pelepasan hormon pemicu stres dan mengurangi tekanan pada sistem kardiovaskular,” tambah Murphy.

Periset juga mengatakan, sentuhan interpersonal dapat memodulasi oksitosin dan sistem opioid endogen.

Oksitosin merupakan hormon pemicu rasa bahagia. Sementara itu, sistem opioid endogen merupakan neuron di otak yang dapat menghasilkan bahan kimia yang menenangkan.

Kedua hal tersebut sangat berfungsi dalam meningkatkan kesehatan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.