Thursday, March 28, 2024
HomeTips7 Tips Membuat Rambut Hitam Agar Tetap Berkilau

7 Tips Membuat Rambut Hitam Agar Tetap Berkilau

Editor: Redaksi

spot_img

SURYAKEPRI.COM – Aktivitas luar ruangan memang menyenangkan, sayang ini bisa membuat rambut yang dulunya hitam berkilau jadi berubahan kemerahan.

Mending kalau cuma berubah warna saja, biasanya rambut kemerahan juga dibarengi dengan masalah lain seperti kering dan mudah bercabang.

Penyebabnya karena sering terpapar sinar matahari yang kemudian membakar melanin rambut misalnya.

Rambut yang berubah kemerahan memang nggak ganggu, tapi ini bisa menurunkan kepercayaan diri. Mulai sekarang, lakukan beberapa perawatan sederhana ini, ya!

1. Jangan Sering Keramas

Kandungan bahan kimia pada sampo bisa membuat rambut lebih mudah kering.

Padahal rambut yang kering akan lebih cepat kemerahan kalau kena paparan sinar matahari.

Kamu cuma perlu keramas dua kali seminggu, jangan tiap hari.

2. Pakai Sampo Secukupnya

Kandung sulfat pada sampo memang bisa meningkatkan busa, tapi nggak bagus juga kalau dipakai kebanyakan, malah bikin rambut kemerahan. Cara ini juga bisa mempertahankan minyak alami rambut lo!

3. Rajin Pakai Kondisionernya

Selain melembapkan, kondisioner juga akan memperbaiki melanin rambut.

Bahkan, dermatolog dari Cleveland Clinic dr. Wilma Bergfeld menyarankan untuk sering merawat rambut dengan kondisioner agar nggak makin rusak, melansir laman suara.

4. Jangan Pakai Alat Styling Bersuhu Panas

Nggak cuma catokan, kamu pun perlu mengurangi kebiasaan memakai hair dryer. Suhu panas dari alat ini bisa membuat rambut jadi lebih kering dan berkurang kilaunya.

5. Pijat Lembut Rambut

Pemijatan dengan minyak alami jadi salah satu perawatan terbaik untuk menjaga kilau rambut. Pilihannya bisa pakai minyak kelapa, zaitun, atau kemiri.

Selain bikin lebih hitam, bahan-bahan ini juga bikin rambut terlihat lebih ramping. Pemijatan bisa kamu lakukan satu jam sebelum keramas, biar nantinya minyak bisa didiamkan dulu sebentar.

6. Sisir Pakai Pakai Gigi Jarang

Biasanya, rambut yang kemerahan cenderung lebih kering dan mudah kusut. Beralihlah pakai sisir bergigi jarang, terutama setelah keramas.

Selain mengurangi risiko rambut terjerat, sisir ini juga bisa menimimalisir rambut rontok dan patah.

7. Beri Spray Tabir Surya

Terkhusus kamu yang sering terpapar panas matahari, selalu gunakan spray tabir surya ke rambut.

Selain menjaga warna rambut, tabir surya juga bisa menimimalisir lepek. Biasanya, penggunaan tabir surya ini sama seperti dry shampo.

Sesekali, sempatkan untuk melakukan hair mask di salon. Atau, kamu bisa perawatan hair mask sendiri di rumah dengan memakai bahan alami seperti pisang dan madu.

Masukkan juga produk perawatan rambut dengan kandungan urang-aring agar kilau rambutmu makin bagus. (*)

BERITA TERKAIT
spot_img
spot_img
spot_img

POPULER