Candi Borobudur Tak Masuk Dalam Daftar 7 Besar Keajaiban Dunia Versi NOWC

Editor: Redaksi

Candi Borobudur
Candi Borobudur

SURYAKEPRI.COM – Obrolan tentang Candi Borobudur soal 7 keajaiban dunia bergulir saat ini. Pasalnya warganet kembali membicarakan daftar keajaiban dunia yang pernah ada. Ternyata Candi Borobudur tak masuk dalam Keajaiban Dunia versi New Open World Corporation (NOWC).

Menanggapi hal ini Pengkaji Pelestari Balai Konservasi Borobudur, Brahmantara, mengungkapkan bahwa ada hal yang lebih penting dari sekadar tercatat sebagai 7 keajaiban dunia.

“Tentang 7 Keajaiban Dunia itu kan polling media. Kalau yang terkait dengan pengelolaan Candi Borobudur sebagai warisan dunia itu adalah penetapan dari UNESCO. Yang penting yang penetapan ini,” kata Brahmantara, dikutip dari detik.com.

Daftar 7 Keajaiban Dunia atau 7 Wonders of the World merupakan daftar yang dibuat oleh sebuah yayasan di Swiss New Open World Corporation (NOWC) lewat polling.

Kampanye itu dimulai sejak 2000 dan diumumkan pada 2007 lalu. Dari 100 juta voters, hasilnya ada 7 area yang diabadikan sebagai 7 keajaiban dunia.

Namun dari daftar NOWC, Candi Borobudur tidak masuk dalam daftar 7 besar tersebut. Adapun daftar selengkapnya dapat disimak pada rincian berikut sebagaimana dikutip dari situs 7 Wonders of the World.

Jika selama ini Candi Borobudur disebut-sebut sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia.